Ratusan Kasus Omicron Ditemukan, Wagub DKI Izinkan Siswa Belajar dari Rumah

Senin, 10 Januari 2022 | 04:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ratusan Kasus Omicron Ditemukan, Wagub DKI Izinkan Siswa Belajar dari Rumah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para siswa yang berada di wilayah ibukota DKI Jakarta diizinkan untuk belajar dari rumah jika khawatir tertular Covid-19. Ditambah lagi, virus Corona varian Omicron yang disebut lebih cepat menyebar, kini sudah terdeteksi sebanyak 162 kasus. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

"Bagi (peserta) PTM (pembelajaran tatap muka), masih ada kesempatan. Para orang tua yang berkeberatan, silakan berkoordinasi dengan sekolah," ujar Riza. 

Meski begitu, sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (4/1/2022), Riza meminta kepada orang tua agar mempertimbangkan kejenuhan siswa yang belajar dari rumah selama hampir dua tahun terakhir. 

Riza mengatakan, PTM 100 persen yang ditetapkan Pemprov DKI telah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri. 

Oleh sebab itu, Riza melanjutkan, belajar tatap muka tetap terlaksana seperti yang telah diputuskan pemerintah meski penularan Covid-19 masih terjadi. 

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka 100% Dimulai, Begini Cara Menjelaskan Soal Omicron Kepada Anak

Kasus Omicron di Jakarta 

Sebelumnya, Riza mengungkapkan, 162 orang di DKI Jakarta positif terinfeksi Covid-19 varian Omicron per tanggal 3 Januari 2022. 

"Di Jakarta kasusnya (Omicron) sudah 162 orang," kata Riza. 

Riza menjelaskan, terdapat penambahan kasus infeksi Covid-19 varian Omicron sebanyak 15 orang berdasarkan hasil pemeriksaan Litbangkes Kemenkes dan 12 orang dari tes yang dilakukan GSI Lab. 

Baca Juga: PPKM Level 2 DKI Jakarta: Kapasitas Bioskop Maksimal 70%, Wajib PeduliLindungi

Menurut Riza, kebanyakan kasus varian Omicron yang terdeteksi di Jakarta berasal dari luar negeri. Dia pun meminta agar semua pelaku perjalanan dari luar negeri taat terhadap aturan karantina yang telah ditetapkan. 

"Menko Luhut juga sudah menyampaikan pentingnya karantina, tidak ada lain main-main soal karantina," pungkasnya. 

(Penulis: Singgih Wiryono | Editor: Ivany Atina Arbi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ratusan Kasus Omicron Terdeteksi, Wagub DKI Bolehkan Siswa Belajar dari Rumah"
Penulis : Muhamad Syahrial
Editor : Muhamad Syahrial

Selanjutnya: IHSG Senin (10/1) Berpeluang Menguat Terbatas

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru