HOME

Satgas tegur produsen kopi kemasan tak laporkan puluhan karyawan positif corona

Sabtu, 09 Januari 2021 | 12:21 WIB Sumber: Kompas.com
Satgas tegur produsen kopi kemasan tak laporkan puluhan karyawan positif corona

ILUSTRASI. Bupati Karawang Cellica Nurachadiana saat Peluncuran Program Beasiswa Karawang Cerdas 2019 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (10/11/2019).


KONTAN.CO.ID - KARAWANG. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Karawang memberikan teguran kepada PT Santos Jaya Abadi lantaran tak melaporkan puluhan karyawannya yang terjangkit virus corona baru. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Karawang Cellica Nurrachadiana mengungkapkan, sejak November 2020, ada 71 orang karyawan pabrik yang memproduksi kopi instan kemasan itu terpapar virus corona. 

"Atas kelalaian tersebut, kami memberikan sanksi tegas secara administrasi," ujar Cellica usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di PT Santos Jaya Abadi, Kawasan Industri Surya Cipta, Jumat (8/1).

Baca Juga: FDA: Varian baru corona bisa sebabkan hasil negatif palsu dari sejumlah alat tes

Dari 71 orang yang positif Covid-19, sebagian besar penduduk asli Karawang, dan 2 orang berasal dari daerah tetangga. Dari jumlah itu, sebanyak 25 orang masih menjalani isolasi mandiri. 

Perusahaan bertanggungjawab

Cellica yang juga menjabar Bupati Karawang meminta perusahaan untuk bertanggungjawab atas penanganan dan perawatan para karyawannya, yang masih menjalankan isolasi mandiri di rumah masing masing. 

"Pihak perusahaan menyatakan bersedia dan mau bertanggungjawab atas nasib karyawan yang terpapar corona," ujar Cellica. 

Meski begitu, Cellica bilang, jika ada ruang kosong di hotel, Pemerintah Karawang akan menyediakan ruang isolasi untuk perawatan ringan dan bed di rumahsakit bagi perawatan berat. 

Baca Juga: Vaksin Pfizer-BioNTech efektif cegah varian baru virus corona yang sangat menular

"Silakan digunakan atas tanggungjawab perusahaan. Perusahaan harus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi karyawanya," tegas dia. 

Pemerintah Karawang, menurut Cellica, mengkhawatirkan keberadaan para karyawan di lingkungan tempat tinggalnya. Misalnya, kos-kosan yang merupakan wilayah padat penduduk. Ini bisa menularkan virus corona kepada warga lainnya.

Penulis: Kontributor Karawang, Farida Farhan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pabrik Kopi Kemasan di Karawang Tak Lapor 71 Karyawan Positif Covid-19"

Selanjutnya: Rekor! Per Jumat (8/1) kasus Corona Indonesia tembus 808.340, patuhi 3M

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru