Jawa Barat

Sebanyak 40 pegawai Gedung Sate Bandung positif Covid-19

Kamis, 30 Juli 2020 | 17:10 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 40 pegawai Gedung Sate Bandung positif Covid-19

ILUSTRASI. Suasana Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, 40 orang pegawai yang bekerja di Kantor Gubernur Jabar atau Gedung Sate Bandung, terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu yang menyebabkan area perkantoran di Gedung Sate ditutup selama dua pekan. 

"Betul bahwa di Gedung Sate ada yang terkonfirmasi positif sebanyak 40 orang. Itu tersebar di beberapa Biro," kata Setiawan dalam konferensi pers virtual , Kamis (30/7/2020). 

Setiawan mengatakan, jumlah kasus positif di Gedung Sate diketahui setelah Pemprov Jabar melakukan tes masif kepada pegawai baik PNS atau non-PNS. Sejak Senin lalu, sudah 1.260 pegawai yang dites usap atau tes swab. 

Baca Juga: Denda mahal bagi pelanggar social distancing di Uni Emirat Arab, setara harga Avanza

"Dari 40 orang ini yang PNS 17, yang non-PNS 23. Ada dari petugas pengamanan, cleaning service, macam-macam lah. Nah 40 persen berusia 31-40 tahun, 30 persen berusia 20-30 tahun, sisanya tersebar," ucap Setiawan. 

Setiawan belum bisa memastikan soal sumber penularan. Sebab, selama adaptasi kebiasaan baru (AKB) Gedung Sate terbuka aksesnya untuk umum. Ia juga mengamati pola kerja di tiap Biro yang memungkinkan ada kontak dengan orang luar. Dengan demikian, ia menyebut kasus di Gedung Sate belum bisa dikategorikan klaster perkantoran. 

"Menurut kami belum dapat dipastikan klaster perkantoran, karena akses Gedung Sate terbuka selama AKB," kata dia. 

Baca Juga: Pemerintah pulihkan sektor perumahan dengan subsidi bunga KPR

Sejak ditemukan ada kasus positif Covid-19, Setiawan sudah meminta agar seluruh ruangan di Gedung Sate disemprot cairan disinfektan. Ia berharap masyarakat bisa lebih waspada serta tetap patuh terhadap protokol kesehatan. 

"Ini harus diambil hikmahnya, instansi pemerintah yang sudah ketat, masih juga dalam tanda kutip kecolongan. Karena itu, protokol kesehatan kita tetap pegang," kata Setiawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "40 Pegawai Gedung Sate Bandung Positif Covid-19"

Editor: Handoyo .


Terbaru