Siap-siap, kepolisian akan tambah 81 titik kamera tilang elektronik di Jakarta

Jumat, 23 Agustus 2019 | 11:36 WIB Sumber: Kompas.com
Siap-siap, kepolisian akan tambah 81 titik kamera tilang elektronik di Jakarta


LALU LINTAS - JAKARTA. Rencana polisi untuk menambah kamera tilang elektronik atau Electronic Traffuc Law Enforcement ( E-TLE) bakal segera terealisasi. Rencananya akan ada penambahan sebanyak 69 CCTV yang akan ditempatkan di wilyah DKI Jakarta. 

Dilansir dari laman resmi NTMC, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, menjelaskan bila kepolisian akan meluaskan area E-TLE dari 12 yang ada sekarang menjadi 81 titik. 

"Dir Lantas Polda Metro Jaya sudah menerapkan E-TLE, siapapun yang melanggar lalu lintas langsung direkam, dijepret. Sekarang baru 12 tapi mungkin di September sampai akhir tahun akan bertambah menjadi 81 titik," ucap Gatot, Kamis (22/8). 

Baca Juga: Kena tilang elektronik? Begini cara urus dendanya

Gatot mengatakan adanya penambahan CCTV tilan ini akan membuat banyak pengendara makin tertib berlalu lintas. Bahkan, kamera ini bukan hanya mengawasi pengendara saja, tapi juga polisi yang nakal dengan mencari-cari kesalahan pengguna jalan. 

"Jika sudah ada ini akan menjadikan orang patuh dan taat. Kemudian, akan mengurangi dan akan merubah perilaku masyarakat dan perilaku anggota yang cari-cari kesalahan," kata dia. 

11.000 pelanggar 

Sejak 1 Juli 2019 hingga 21 Agustus 2019, polisi sudah mencatat dan merekam 11.290 pelanggar tilang elektronik dengan kamera E-TLE. Dari jumlah tersebut, jenis pelanggaran terbanyak masih didominasi oleh pengendara yang tak menggunakan sabuk pengaman. 

Baca Juga: Sistem tilang elektronik akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, sampai Kamis (22/8) kemarin, total sudah ada 11.013 pelanggar yang mengkonfirmasi tilang ETLE. 

"Data Kamis (23/8), 11.013 pelanggar sudah konfirmasi. Untuk yang sudah bayar denda jumlahnya 4.585 pelanggar, sementara total amar putusan PN 8.356 pelanggar," kata Nasir dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Jumat (23/8). (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Polisi Tambah 81 Titik Kamera Tilang Elektronik di Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru