Sopir Transjakarta dari Trans Batavia tak gajian

Rabu, 14 September 2016 | 13:31 WIB Sumber: Kompas.com
Sopir Transjakarta dari Trans Batavia tak gajian


Jakarta. Seratusan pengunjuk rasa yang mengatasnamakan sopir PT Trans Batavia menggelar unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta, tempat Gubernur Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama berkantor, Rabu (14/9/2016). Mereka menyampaikan pengaduan mengenai masih adanya upah yang belum dibayar oleh PT Trans Batavia.

Koordinator aksi, Andrian Tampubolon, mengatakan bahwa upah para sopir bus Transjaakrta maupun tenaga kerja lainnya yang ada di bawah PT Trans Batavia masih ada yang belum dibayar.

Menurut dia, pada Maret 2016, hanya 25% dari gaji yang dibayarkan kemudian pada April 2016, hanya 10% gaji yang dibayarkan. Bahkan, pada Mei hingga Agustus, kata dia, PT Trans Batavia belum membayar gaji sama sekali.

"Upah bulan Januari dan Februari juga sebenarnya kurang karena hanya dibayar Rp 2,7 juta sesuai UMP tahun 2015. Padahal UMP 2016 sudah Rp 3,1 Juta," kata Andrian.

Tidak hanya itu, kata Andrian, PT Trans Batavia seharusnya mendapat penalti sebesar 5% sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 06 Tahun 2016 karena ada tunjangan hari raya tahun 2016 yang tidak dibayarkan. "Karena itu kami memohon kepada bapak gubernur ikut campur tangan menyelesaikan permasalahan ini," ujar Andrian.

PT Trans Batavia dulunya merupakan salah satu operator layanan bus transjakarta. Namun, kontraknya sudah berakhir dan tidak diperpanjang oleh PT Transjakarta.

Menurut para sopir dan para pekerja lainnya, mereka sudah tidak dipekerjakan sejak 1 Maret 2016. Mereka mengaku tidak dipekerjakan tanpa adanya surat pemutusan hubungan kerja. "Seluruh karyawan cuma mengetahui dari surat pengumuman yang ditempel," kata Andrian.

(Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru