Status Gunung Semeru Turun Dari Siaga Menjadi Waspada

Senin, 15 Juli 2024 | 21:05 WIB   Reporter: kompas.com
Status Gunung Semeru Turun Dari Siaga Menjadi Waspada

ILUSTRASI. PVMBG turunkan status Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dari level III siaga menjadi level II waspada.


GUNUNG - LUMAJANG. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) resmi menurunkan status Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dari level III siaga menjadi level II waspada.

Kepala PVMBG Priatin Hadi Wijaya dalam rilis resminya menyatakan, tingkat aktivitas Gunung Semeru mulai diturunkan pada Senin (15/7/2024) pukul 15.00 WIB.

Menurutnya, penurunan tingkat aktivitas Gunung Semeru didasarkan pada hasil analisis dan evaluasi aktivitas gunung secara menyeluruh sampai tanggal 14 Juli 2024.

Baca Juga: 100 Hektar Hutan Lindung di Samosir Terbakar, Pemadaman Masih Terus Dilakukan

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi menyeluruh hingga 14 Juli 2024, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru terhitung dari tanggal 15 Juli 2024 pukul 15.00 WIB diturunkan dari level III (siaga) menjadi level II (waspada)," kata Hadi dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (15/7/2024).

Berubahnya tingkat aktivitas Gunung Semeru juga membuat rekomendasi jarak aman untuk masyarakat bisa beraktivitas ikut berubah.

Radius aman dari puncak gunung yang sebelumnya 5 kilometer berubah jadi 3 kilometer.

Tidak hanya itu, radius di sepanjang besuk kobokan yang sebelumnya 13 kilometer menjadi 8 kilometer.

Meski begitu, masyarakat tetap diminta mewaspadai resiko awan panas, guguran lava, dan aliran lahar di sepanjang sungai atau lembah yang berhulu ke Gunung Semeru.

"Masyarakat dapat memantau perkembangan aktivitas dan rekomendasi Gunung Api Semeru melalui aplikasi Magma Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore," tambahnya.

Lebih lanjut, Hadi menyebut, aktivitas vulkanik Gunung Semeru akan terus dilakukan evaluasi secara berkala dan sewaktu-waktu bisa berubah jika terdapat aktivitas vulkanik yang signifikan.

"Tingkat aktivitas dan rekomendasi Gunung Semeru ini tetap berlaku selama surat atau laporan evaluasi berikutnya belum diterbitkan," pungkasnya.

Baca Juga: BMKG Beberkan Kondisi El Nino dan La Nina di Indonesia Saat Musim Kemarau 2024

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Status Gunung Semeru Turun dari Siaga ke Waspada"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru