Tata Cara Pendaftaran SIPSS 2022 dan Berkas Persyaratannya

Jumat, 28 Januari 2022 | 14:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tata Cara Pendaftaran SIPSS 2022 dan Berkas Persyaratannya

ILUSTRASI. Tata Cara Pendaftaran SIPSS 2022 dan Berkas Persyaratannya. ANTARA FOTO/Reno Esnir.


LOWONGAN KERJA - Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Polri Tahun 2022 sudah dibuka. Masyarakat lulusan D4, S1, dan S2 dari berbagai jurusan bisa mendaftar penerimaan calon perwira Polri ini.

Melansir situs Penerimaan Polri, jumlah peserta didik Perwira Pertama Polri yang diterima tahun ini sebanyak 100 orang yang terdiri atas 84 orang untuk reguler dan 16 orang untuk proaktif. 

Pembukaan pendidikan pada 8 Maret 2022 dan penutupan di 8 September 2022 atau lama pendidikan selama 6 bulan. Lokasi pendidikan berada di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah. 

Sebanyak total 31 program studi dari jenjang D4, S1, dan S2 yang dibutuhkan di penerimaan SIPSS tahun ini. Berikut tata cara pendaftaran SIPSS Polri 2022 serta berkas persyaratannya, dirangkum dari laman resmi penerimaan anggota Polri. 

Baca Juga: Mengenal Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Meiosis serta Tahapannya

Tata cara pendaftaran SIPSS 2022

Pelamar mendaftar secara daring melalui website https://penerimaan.polri.go.id/

Pelamar memilih jenis seleksi SIPSS pada halaman utama website (apabila peserta mengalami kesulitan dapat dibantu oleh panitia daerah).

Mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil, identitas orangtua, dan keterangan lain sesuai format dalam website. 

Pendaftar wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online, mengecek dengan teliti data yang dimasukkan dalam form registrasi. 

Setelah berhasil mengisi form registrasi online, selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password, yang selanjutnya digunakan untuk melakukan login menuju halaman dashboard pendaftar.

Halaman dashboard pendaftar berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar.

Pendaftar akan mendapat hasil cetak form registrasi yang digunakan untuk verifikasi di Polda setempat sebagai Panda. Batas waktu verifikasi paling lambat 4 hari, terhitung sejak pendaftaran online.

Bila lebih dari waktu yang ditentukan maka secara otomatis data pendaftar online terhapus. Jika pendaftar akan melakukan verifikasi, maka pendaftar harus mengulangi pendaftaran online kembali. 

Baca Juga: Banyak Posisi Dibuka di Lowongan Kerja BUMN Ini, Simak Kriteria dan Jadwalnya

Tahapan verifikasi di Polda

Peserta harus datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) ke Polda setempat dengan membawa cetak form registrasi dan berkas administrasi:

  • KTP asli dan fotokopi yang dilegalisir Dukcapil setempat
  • Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi yang dilegalisir Dukcapil setempat
  • Akte kelahiran asli dan fotokopi yang dilegalisir Dukcapil setempat
  • Ijazah asli SD, SMP, SMA/SMK/MA/sederajat, D4/S1/S2 dan transkrip nilai serta fotokopi yang dilegalisir sekolah/Perguruan Tinggi yang menerbitkan
  • Salinan sertifikat akreditasi dari BAN-PT yang dilegalisir
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli yang dikeluarkan Polres setempat  dan fotokopi yang dilegalisir Polres yang menerbitkan.
  • Pasfoto berwarna dengan latar belakang merah berukuran 4x6 sebanyak 10 lembar
  • Surat persetujuan orangtua/wali (form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi
  • Surat permohonan menjadi anggota Polri ditulis tangan (contoh form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi
  • Surat pernyataan belum pernah menikah secara hukum positif atau hukum agama atau hukum adat (form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi
  • Daftar riwayat hidup yang merupakan hasil cetak form registrasi pendaftaran online dan fotokopi
  • Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri (form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi
  • Surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan instansi lain (form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi
  • Surat pernyataan orangtua/wali untuk memberikan keterangan dan dokumen yang sebenarnya (form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi
  • Surat pernyataan peserta dan orangtua/wali untuk tidak melakukan KKN dan gunakan sponsorship atau ketebelece (form tersedia di situs Penerimaan Polri) dan fotokopi

Peserta kemudian akan melaksanakan pengukuran tinggi dan berat badan dengan alat ukur yang tersedia. 

Jika peserta telah dinyatakan lengkap menyerahkan berkas administrasi dan telah melakukan pengukuran tinggi dan berat badan, akan diberikan nomor ujian. 

Nomor ujian tersebut diberikan oleh panitia daerah dan digunakan untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi SIPSS 2022. 

Bagi Anda ynag tertarik untuk mendaftar SIPSS, bisa segera melakukan pendaftaran. Pendaftaran calon perwira SIPSS Polri dibuka pada 26-30 Januari 2022. 

Informasi lengkap tentang pendaftaran SIPSS Polri tahun 2022 bisa dilihat di https://penerimaan.polri.go.id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru