Terus Dikebut, Jalan Lingkar Sepaku di IKN Nusantara Akan Kelar Mei 2024

Jumat, 20 Januari 2023 | 06:01 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Terus Dikebut, Jalan Lingkar Sepaku di IKN Nusantara Akan Kelar Mei 2024

ILUSTRASI. Lokasi pembangunan istana presiden di jalan lingkar Sepaku segmen 3 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10/2022).


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara makin berdetak dimulai dari infrastruktur dasar. Salah satunya proyek Jalan Lingkar Sepaku untuk mendukung konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

Saat ini telah selesai pekerjaan Jalan Lingkar Sepaku segmen 1, 2, dan 3 sepanjang 5,7 kilometer (km) dan sisanya segmen 4 tahap konstruksi. 

Pekerjaan ini ditargetkan rampung pada Mei 2024. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep “Future Smart Forest City of Indonesia” sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Pada tahap awal di tahun 2022-2024, pembangunan yang menjadi prioritas Kementerian PUPR salah satunya jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur terdiri dari 4 segmen.

Baca Juga: Otorita IKN Masih Memproses 11 Letter of Intent dari Perusahaan Asal Malaysia

Segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN sebesar Rp 66,6 miliar selesai Januari 2023. Selanjutnya Segmen 2 sepanjang 1,85 km selesai November 2022 dengan nilai Rp 56,6 miliar dan Segmen 3 sepanjang 2,17 km senilai Rp 63,9 miliar.

“Untuk Segmen 1,2,dan 3 saat ini sudah PHO (Provisional Hand Over), selanjutnya Segmen 4 sudah pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai Mei 2024,” kata Danis Sumadilaga dalam keterabgan resminya, Kamis (19/1).

Danis melanjutkan selain Jalan Lingkar Sepaku, saat ini juga tengah dibangun Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sepanjang 2,99 km dan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sepanjang 2,96 km.

Untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sudah dalam tahap konstruksi sejak September 2022 dan ditargetkan selesai April 2024. Sementara untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sudah terkontrak dan segera dibangun dengan target selesai Juni 2024.

Kementerian PUPR juga tengah membangun Jalan Tol Akses IKN yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11.

Saat ini tengah diselesaikan tol akses IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

“Pembangunan ketiga jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara yang ditargetkan selesai 2024,” tutup Basuki.

Baca Juga: Pembangunan Intake Sungai Sepaku di IKN Capai 82%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru