kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45688,11   9,81   1.45%
  • EMAS918.000 0,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tiga turis diduga terkena virus corona, Dinkes Bali minta warga tak panik


Sabtu, 25 Januari 2020 / 11:20 WIB
Tiga turis diduga terkena virus corona, Dinkes Bali minta warga tak panik

Sumber: Kompas.com | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - DENPASAR. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya mengimbau masyarakat agar tak panik soal tiga wisatawan asing yang dicurigai terjangkit virus corona di Bali.

Ia menegaskan ketiganya masih diduga dan belum tentu positif. Hasil pemeriksaan terbaru, seorang warga Meksiko yang sebelumnya dicurigai terjangkit virus corona sudah dinyatakan negatif.

Baca Juga: Sudah menewaskan 41 orang, berikut fakta-fakta tentang virus corona baru

Kini pihaknya masih menunggu hasil laboratorium untuk dua warga China lainnya. "Untuk hasil labnya negatif baru satu yang sudah dikonfirmasi yang dari Meksiko. Tinggal menunggu konfirmasi dua lainnya dari China," katanya kepada Kompas.com, Jumat (24/1/2020) sore.

Suarjaya mengatakan pemeriksaan laboratorium dilakukan di Litbangkes Jakarta. Ia menambahkan, untuk warga Meksiko telah diperbolehkan pulang.
Sementara dua warga China masih dirawat di RSUP Sanglah, Denpasar. Ia menyebut, pihaknya bersama RSUP Snaglah, Denpasar telah menyiapkan lima ruang isolasi.

Ruang tersebut digunakan jika ada pasien yang dicurigai terjangkit virus corona.

Sebelumnya diberitakan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar menerima tiga pasien wisatawan asing suspect atau dicurigai terjangkit virus Corona pada Rabu (22/1/2020) lalu.

Kini, ketiganya masih diobservasi dan menunggu hasil pemeriksaan. "Sudah ada tiga pasien yang dibawa ke Sanglah. Masih suspect belum dinyatakan secara pasti," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah I Ketut Sudartana, Jumat (24/1/2020).

Tiga pasien tersebut, satu berasal dari Meksiko namun lama tinggal di China. Kemudian dia terbang ke Filipina dilanjutkan ke Jakarta hingga seminggu lalu tiba di Bali.

Keluhan pasien ini yakni demam. Adapun dua pasien lainnya berusia 5 dan 6 tahun berasal dari China.

Baca Juga: Mengenal kota Wuhan yang kini jadi buah bibir dunia gara-gara virus corona

Penulis: Kontributor Bali, Imam Rosidin
Editor : Aprillia Ika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Turis Diduga Terjangkit Virus Corona, Dinkes Bali Minta Warga Tak Panik".




TERBARU

Close [X]
×