Timses Agus: Publik pilih India dibanding debat

Sabtu, 17 Desember 2016 | 18:09 WIB Sumber: Kompas.com
Timses Agus: Publik pilih India dibanding debat


JAKARTA. Pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan 1, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, tidak menghadiri acara debat kandidat cagub-cawagub yang diselenggarakan dua stasiun televisi. Padahal, pasangan calon lainnya menghadiri acara adu gagasan tersebut.

Anggota tim pemenangan Agus-Sylvi, M Rizky menyebut, pihaknya telah melakukan studi mengenai penonton acara debat di televisi. Menurutnya, tidak banyak warga Jakarta yang menyaksikan acara debat tersebut.

"Di internal kami ada studinya. Kami lihat yang menonton jumlahnya tidak terlalu signifikan. Bahkan, kalau kami mau guyon lebih banyak yang menonton film India di malam itu dibanding (nonton) debat," klaim Rizki di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12).

Rizky menambahkan, berdasarkan hasil studi timnya, penonton acara debat cagub di televisi kebanyakan dari kalangan menengah ke atas, sedangkan kalangan menengah ke bawah tidak terlalu mementingkan acara tersebut.

"Debat yang diselenggarakan stasiun televisi, ini lebih memuaskan dahaga politik kaum menegah ke atas. Tapi yang di bawah ini tidak terlalu menganggap debat ini sebuah yang serius," ucapnya.

Menurut Rizky, untuk masyarakat menengah ke bawah, mereka lebih ingin langsung dihampiri oleh pasangan calon untuk didengar aspirasinya. "Mereka (masyarakat menengah ke bawah) lebih ingin dihampiri, diajak ngobrol walaupun dalam hitungan detik saja itu akan membekas di hati mereka," katanya.

Dua kali Agus tak hadir dalam debat publik yang diselenggarakan NET TV dan Kompas TV. Agus pernah mengungkapkan alasannya, yakni karena merasa tidak punya kewajiban mengikuti debat di luar debat resmi yang diselenggarakan KPU DKI.

Alasan lain tak hadir debat, cagub DKI nomor pemilihan satu itu memilih bertemu warga. (Akhdi Martin Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru