Vaksinasi Booster Jabodetabek Ditargetkan Mencapai 50% Seminggu Sebelum Lebaran

Jumat, 15 April 2022 | 16:15 WIB Sumber: Kompas.com
Vaksinasi Booster Jabodetabek Ditargetkan Mencapai 50% Seminggu Sebelum Lebaran

ILUSTRASI. Pelaksanaan vaksin booster atau dosis ketiga di halaman Masjid Istiqal, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, masyarakat yang mudik harus mematuhi prokes dan sudah divaksin untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19.

Dia mengungkapkan hal ini dalam rapat koordinasi lintas sektor terkait persiapan mudik Lebaran 2022 yang dipimpin Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/4). “Hal ini supaya ketika berangkat ke daerah tujuan, kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan datang tidak membawa oleh-oleh Covid-19,” kata Muhadjir dalam siaran pers, Jumat (15/4).

Dia menambahkan, vaksinasi booster merupakan syarat mudik Lebaran tahun ini yang harus dipatuhi masyarakat. Selain kewajiban vaksinasi, masyarakat juga diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna menghindari lonjakan kasus Covid-19 setelah Lebaran.

Baca Juga: Antibodi Terbentuk 1-2 Minggu Pasca Vaksinasi, Kemenkes Minta Pemudik Segera Booster

Adapun Wakapolri Komjen Polisi Gatot E. Pramono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan terpadu dan gerai vaksinasi di titik keramaian dan kerawanan. “Dengan menurunkan 144.392 personil, kami juga akan melakukan cipta kondisi sebelum dan sesudah Operasi Ketupat terhadap gangguan keamanan yang mungkin muncul dan melakukan percepatan vaksinasi,” ujar Gatot.

Gatot menambahkan, untuk mempercepat vaksinasi wilayah Jabodetabek, diharapkan satu minggu sebelum Lebaran vaksinasi booster sudah mencapai 50%. Sementara itu, untuk daerah tujuan mudik seperti Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta ditargetkan booster sudah mencapai 30%.

Baca Juga: Bukan Cuma Naik Pesawat, Pemudik Ini Wajib Isi eHAC dalam Aturan Terbaru Mudik 2022

“Percepatan vaksinasi ini kami lakukan bersama-sama dari Kementerian Kesehatan, Satgas, teman-teman TNI dan stakeholders terkait lainnya. Harapan kita tentunya ketika masyarakat nanti pulang ke kampungnya dan kembali tidak ada lonjakan Covid-19,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Vaksinasi "Booster" Jabodetabek Ditargetkan Capai 50 Persen Sebelum Lebaran.
Penulis: Mutia Fauzia
Editor: Bagus Santosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru