Wali Kota Sukabumi umumkan pasien positif virus corona pertama di Sukabumi

Kamis, 02 April 2020 | 09:37 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Wali Kota Sukabumi umumkan pasien positif virus corona pertama di Sukabumi

ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona


VIRUS CORONA - JAKARTA. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengumumkan seorang warganya terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab. 

"Data yang kami terima ada satu pasien dari hasil swab dinyatakan positif," kata Fahmi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4) malam. 

Namun, Fahmi tidak menjelaskan riwayat perjalanan pasien sebelum dirawat. Dia hanya mengatakan pasien datang dalam kondisi demam kemudian dilakukan tracing dan hasil tes swab positif. 

Baca Juga: Bukan cuma batuk kering, berikut 6 gejala virus corona tidak biasa

Fahmi menjelaskan, pasien yang positif virus corona memiliki KTP Kota Sukabumi meskipun yang bersangkutan sudah tiga tahun tidak tinggal di kampung halamannya. 

"Karena data kependudukan masih berada di wilayah Kota Sukabumi, maka tetap tercatat di wilayah Kota Sukabumi," ujar mantan wakil wali kota Sukabumi periode sebelumnya ini. 

Dia menuturkan, pasien positif Covid-19 ini masih berkaitan dengan kasus sejumlah orang yang terpapar virus corona di salah satu institusi  kenegaraan yang berlokasi di Kota Sukabumi. "Ia berhubungan dengan salah satu institusi kenegaraan yang ada di wilayah Kota Sukabumi," tutur Fahmi. 

Saat ini pasien berjenis kelamin laki-laki itu dalam keadaan sehat, tidak memakai alat bantu pernafasan dan dirawat di ruang isolasi RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi. "Saat ini mendapatkan penanganan yang sangat serius dari Kota Sukabumi," kata Fahmi. 

Baca Juga: DKI bantu Depok 2.400 rapid test

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi menyebutkan, data warga terkait virus corona hingga Rabu (1/4) pukul 12.00 WIB, tercatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 146 orang, meliputi 72 orang selesai penanganan dan 74 orang masih proses pemantauan para petugas kesehatan. 

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 18 orang, meliputi 14 orang selesai penanganan (sembuh) dan 4 orang masih proses observasi atau pengawasan di rumah sakit. Serta terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1 orang dalam perawatan. (Budiyanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UPDATE: Wali Kota Sukabumi Umumkan 1 Pasien Pertama Positif Covid-19".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru