Waspada, jumlah kasus corona di Jawa Timur masih bisa bertambah

Selasa, 30 Juni 2020 | 12:11 WIB Sumber: Kompas.com
Waspada, jumlah kasus corona di Jawa Timur masih bisa bertambah

ILUSTRASI. Dokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Ruang Ektraksi DNA dan RNA Laboratorium Mikrobiologi RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/6/2020). Pengoperasian alat PCR yang dapat memeriksa 1.000 sampel tersebut, dih


VIRUS CORONA - Jakarta. Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah kasus positif virus corona terbanyak di Indonesia. Jumlah kasus positif virus corona di Jawa Timur masih bisa bertambah lebih banyak. Pasalnya, pemeriksaan spesimen di Jawa Timur masih sedikit dibandingkan provinsi lainnya.

Hingga Senin 29 Juni 2020, Jawa Timur masih tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penambahan kasus corona tertinggi dari 34 provinsi. Ada 297 kasus baru positif virus corona di Jawa Timur yang tercatat hingga pukul 12.00 WIB, Senin.

Baca juga: Bagaimana pengobatan virus corona secara tradisional di China? Ini penjelasannya

Jawa Timur juga masih tercatat sebagai provinsi dengan jumlah total kasus positif virus corona tertinggi. Total ada 11.805 kasus positif virus corona di Jawa Timur yang tercatat hingga Senin. Selain itu ada 3.891 pasien sembuh dan 863 pasien meninggal dunia.

Jumlah total kasus positif virus corona di Jawa Timur diketahui melampaui DKI Jakarta hingga saat ini. DKI Jakarta total mencatat 11.237 kasus positif virus corona sebanyak 6.118 pasien sembuh dan 625 pasien meninggal dunia hingga saat ini.

Berdasarkan data pemerintah, Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah pemeriksaan spesimen terendah jika dibandingkan dengan provinsi lain yang rata-rata mencatat penambahan kasus corona tertinggi setiap harinya. " Jawa timur baru melaksanakan 1.428 pemeriksaan spesimen per 1 juta penduduk," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin 29 Juni 2020.

Bandingkan dengan Sumatera Barat telah melakukan pemeriksaan 7.168 spesimen per 1 juta penduduk. Kemudian, Sumatera Selatan memeriksa 2.889 spesimen per 1 juta penduduk.

DKI Jakarta secara total sudah memeriksa 21.406 spesimen per 1 juta penduduk. Selanjutnya, Bali telah dilaksanakan pemeriksaan 7.151 spesimen per 1 juta penduduk. Di Kalimantan selatan dilakukan pemeriksaan 2.281 spesimen per 1 juta penduduk.

Sulawesi Selatan telah diperiksa sebanyak 5.021 spesimen per per 1 juta penduduk. Papua telah melaksanakan pemeriksaan sebanyak 4.436 spesimen per 1 juta penduduk.

Yuri menjelaskan, angka-angka itu menjadi pedoman masyarakat untuk melaksanakan pemeriksaan spesimen secara lebih masif lagi. "Utamanya untuk daerah-daerah tertentu yang secara data kita lihat kasusnya memang signifikan bertambah," tegas Yuri.

Kata Gubernur Khofifah Meski tren penambahan kasus Covid-19 terus naik dalam beberapa pekan terakhir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, angka kesembuhannya juga terus naik. “Angka kesembuhan Jatim juga terus naik. Per hari ini recovery rate Jatim ada di angka 33,24%. Total angka kasus sembuh Jatim ada sebanyak 3.619. Secara persentase kesembuhan Jatim ini tertinggi kita selama pandemi,” kata Khofifah, Jumat (27/6/2020) lalu.

Khofifah mengatakan, tingginya kasus Covid-19 di Jawa Timur saat ini terjadi karena upaya tracing dengan cara rapid test masal terus digencarkan. Bahkan, hingga saat ini dikatakan rapid test massal yang dilakukan sudah mencapai 465.149. Sedangkan tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) sudah dilakukan sebanyak 53.503.

Baca juga: Harga mobil baru ini diskon Rp 50 juta hingga Rp 300 juta, tapi stok terbatas

"Minggu ini bahkan, sudah mencapai sekitar 14.000 tes, maka semakin banyak testing yang dilakukan tentu makin banyak muncul kasus pertambahan baru," kata mantan Menteri Sosial itu.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru