Wisatawan mulai serbu kawasan Puncak lewat jalan tikus

Rabu, 17 Juni 2020 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
Wisatawan mulai serbu kawasan Puncak lewat jalan tikus

ILUSTRASI. Sejumlah warga berwisata di kawasan kebun teh Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


VIRUS CORONA - KABUPATEN BOGOR. Kawasan Puncak di Bogor, Jawa Barat, memang terkenal sebagai daerah wisata yang paling diminati. Sejak akhir pekan lalu, kawasan ini mulai diserbu wisatawan yang hendak berlibur. Hal itu terlihat dari kepadatan kendaraan yang terjadi selama akhir pekan pada 13 dan 14 Juni 2020. 

Bupati Bogor Ade Yasin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/6/2020), mengakui hal tersebut. "(Wisatawan) dari luar Bogor, karena rata-rata pelatnya dari luar," kata Ade. 

Menurut dia, kemacetan terjadi karena masih ada warga yang nekat bergerak ke arah Puncak melalui "jalan tikus" atau jalan pintas yang mulai diketahui wisatawan. Jalan pintas ini sering dimanfaatkan oleh pengendara sepeda motor agar tidak terlihat petugas Gugus Tugas Covid-19. 

Baca Juga: Seluruh mal di Bandung diizinkan beroperasi meski PSBB diperpanjang

"Arah puncak banyak jalan tikusnya dan ini dimanfaatkan oleh pengendara motor sehingga puncak macet terus," ujar Ade. 

Ade yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor menyayangkan hal itu, karena saat ini masih masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proporsional. 

Baca Juga: Ridwan Kamil: PSBB Jabar diperpanjang hingga 26 Juni, Bodebek sampai 2 Juli

Sampai saat ini, menurut Ade, tim pengamanan Gu­gus Tugas Covid-19 hanya bisa mengimbau wisatawan untuk tidak berbondong-bondong datang ke Puncak, Bogor. "Kami hanya bisa mengimbau kepada masyarakat, khususnya dari luar Bogor, agar tidak berbondong-bondong ke puncak, tunggu sampai kondisi membaik saja," kata Ade. 

Ade mengakui bahwa penyebab kemacetan juga karena minimnya petugas di check point atau pos pemeriksaan. Dengan begitu, jumlah kendaraan yang masuk tidak terkontrol dengan baik. 

Baca Juga: Ridwan Kamil sebut wisata outdoor dapat segera beroperasi lagi

"Karena keterbatasan aparat, jadi tidak semua jalan masuk ke puncak bisa dikontrol dan untuk saat ini kami hanya bisa mengimbau," kata Ade.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puncak Bogor Diserbu Wisatawan, Bupati Akui Keterbatasan Petugas"
Penulis : Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan
Editor : Abba Gabrillin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru