Aceh gencar promosikan wisata halal lewat 100 event wisata tahun ini

Rabu, 03 Juli 2019 | 21:22 WIB   Reporter: Elisabeth Adventa
Aceh gencar promosikan wisata halal lewat 100 event wisata tahun ini


PAMERAN WISATA - JAKARTA. Sebagai salah satu daerah destinasi wisata halal di tanah air, Provinsi Aceh terus berbenah dan gencar melakukan promosi lewat sejumlah event. Tahun ini, provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatra tersebut meluncurkan Calendar of Event (CoE) Aceh 2019. Sebanyak 100 atraksi/ event wisata digelar di Aceh pada tahun ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan lewat 100 event tersebut menunjukkan bahwa Aceh semakin terbuka bagi seluruh kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dari 100 event tersebut, tiga di antaranya masuk ke dalam kalender 100 event Wonderful Indonesia 2019 di Kementerian Pariwisata (Kempar).

“Semakin banyak jumlah event yang diselenggarakan, maka destinasi baru akan semakin berkembang pula. Aceh semakin terbuka bagi para wisatawan dan akan dikenal sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, dan menawan,” katanya pada Kotnan.co.id, dalam Gebyar Wisata Budaya Nusantara (GWBN) 2019 akhir pekan lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Jamaluddin lanjut menjelaskan, sepanjang Juli 2019, setidaknya akan ada 10 event wisata yang akan digelar di Aceh. Sepuluh event tersebut antara lain :
  1. Aceh Culinarry Festival (Banda Aceh, 5-7 Juli)
  2. Pameran Pekan Produk Daerah (Banda Aceh, 13-14 Juli)
  3. Festival Budaya Daerah (Abdya, 13-14 Juli).
  4. Pekan Kreatif (Banda Aceh, 18-20 Juli).
  5. Pulau Banyak International Festival (Aceh Singkil, 23 -27 Juli)
  6. Aceh Sumatera Expo (Banda Aceh, 27-28 Juli).
  7. Festival Permainan Tradisional Anak (Banda Aceh, 27 Juli).
  8. Pesona Aceh Selatan (Aceh Selatan, 26-28 Juli).
  9. Pulo Aceh Bike Cross Country (Pulo Aceh, Aceh Besar, 27-28 Juli).
  10. Geude-geude (Pidie, 29 Juli).
Selain itu, pada tahun ini, Aceh juga tengah fokus menggarap daerahnya sebagai salah satu destinasi wisata halal unggulan di Indonesia. Banyak sekali destinasi wisata di Aceh yang perli dimaksimalkan menjadi destinasi wisata halal tanah air.  Sebagai destinasi wisata halal di Indonesia, Aceh menjunjung budaya dan nilai-nilai syariah. Kuliner maupun produk makanan yang dijual di Aceh dijamin halal dan sejumlah usaha pariwisata di Aceh juga sudah bersertifikat halal,” terang Jamaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru