Ada Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas Situasional

Minggu, 05 November 2023 | 07:44 WIB Sumber: Kompas.com
Ada Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas Situasional

ILUSTRASI. Kepolisian akan menerjunkan sebanyak 3.448 personel untuk mengawal aksi damai bela Palestina di kawasan Monas, Minggu (5/11) pagi.


LALU LINTAS - JAKARTA. Kepolisian akan menerjunkan sebanyak 3.448 personel untuk mengawal aksi damai bela Palestina di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (5/11) pagi. Personel ini berasal dari jajaran Polres Metro Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya, serta TNI dan Pemprov DKI Jakarta. 

"Kami akan bersama-sama bersinergi untuk mengamankan aksi damai bela Palestina ini," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro melalui keterangan resmi, Minggu. 

Sementara itu, pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional. Sebab, ada kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) yang telah rutin diselenggarakan setiap hari Minggu. 

"Kami akan lihat dinamika di lapangan untuk arus lintas. Mengingat besok juga ada kegiatan masyarakat yaitu CFD yang sudah rutin dilaksanakan," ujar Susatyo. 

Baca Juga: Pemimpin Arab Desak Blinken untuk Genjatan Senjata Gaza, Setelah Sekolah Diserang

Susatyo berharap agar masyarakat luas dapat menerima pesan damai yang dibawa melalui aksi ini. "Kami berharap kegiatan besok bisa berjalan dengan aman dan tertib. Pesan damai yang disampaikan dalam aksi ini untuk saudara-saudara kita di Palestina yang sedang mengalami konflik (semoga) akan diterima dengan baik oleh khalayak luas," katanya. 

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, pengalihan arus lalu lintas dilakukan seperti saat car free day (CFD). 

"Kalau lalu lintas seperti biasa, mulai car free day kan jam 06.00 WIB. Kalo kegiatan itu (Aksi Bela Palestina) nanti kami menyesuaikan," kata Latif saat dikonfirmasi, Sabtu (4/11). "Nanti kalau mereka melakukan kegiatan ke Jalan Merdeka Selatan, yang kendaraan menuju Merdeka Selatan kami alihkan," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Ada Aksi Bela Palestina di Monas, KAI Lakukan Antisipasi untuk Kereta Jarak Jauh

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya di kawasan Monas: 

  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto 
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni 
  • Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat dialihkan 
  • Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Pengalihan Arus Situasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru