Jabodetabek

Antisipasi kenaikan kasus Covid-19 Jakarta dan sekitarnya, tower 8 Wisma Atlet dibuka

Minggu, 13 Juni 2021 | 18:50 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Antisipasi kenaikan kasus Covid-19 Jakarta dan sekitarnya, tower 8 Wisma Atlet dibuka

ILUSTRASI. Tenaga kesehatan berjalan memasuki kawasan RSDC Wisma Atlet, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengatakan, guna mengatasi peningkatan kasus khususnya di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangga, pemerintah akan membuka tower 8 Wisma Atlet Pademangan untuk perawatan pasien tanpa gejala atau OTG.

Saat ini tower tersebut ditempati oleh tenaga kesehatan. Dengan adanya langkah tersebut, nantinya para tenaga kesehatan akan dipindahkan ke hotel terdekat.

"Apabila langkah ini berhasil kita akan menambah 1.572 tempat tidur, lalu yang kedua pada saat yang sama akan ditambah kapasitas per kamar di rumah sakit darurat Kemayoran menjadi tiga tempat tidur dari sebelumnya du tempat tidur. Sehingga penambahan kapasitas ini bisa menambah 2.000 tempat tidur di RSDC," jelasnya dalam Konferensi Pers Satgas Covid-19 terkait Kesiapan Antisipasi Kasus Pasca Libur Lebaran secara virtual, Minggu (13/6).

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Minggu (13/6): Tambah 9.868 kasus, ingat jaga jarak

Ganip melanjutkan, dengan demikian kapasitas RS Darurat Covid-19 (RSDC) Kemayoran akan meningkat dari kondisi sekarang 5.994 tempat tidur menjadi 9.566 tempat tidur.

Pagi tadi, Satgas bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkoordinasi langsung untuk mulai mengoperasikan fasilitas isolasi terkendali bagi pasien tanpa gejala di rusun Nagrak Cilincing.

Adapun fasilitas di Rusun Nagrak terdiri dari 5 tower dengan masing-masing 16 lantai. Dengan langkah tersebut akan menambah 2.550 tempat tidur .

"Satgas melalui BNPB akan membantu mengisi kebutuhan velbed di Rusun Nagrak secara bertahap. Saat ini sedang kita kirimkan 900 velbed dan nanti akan kita lengkapi sesuai dengan kapasitas tempat tidur yang ada disana," imbuhnya.

Editor: Yudho Winarto
Tag
Terbaru