Bea Cukai: Ada 38 kontainer yang berisikan limbah plastik mengandung B3

Selasa, 02 Juli 2019 | 14:03 WIB Sumber: Kompas.com
Bea Cukai: Ada 38 kontainer yang berisikan limbah plastik mengandung B3


SAMPAH - BATAM. Sebanyak 38 dari 65 kontainer limbah plastik yang masuk di Pelabuhan Peti Kemas Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, dipastikan mengandung limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

Hal tersebut berdasarkan tes laboratorium yang dilakukan Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea dan Cukai Tipe Batam, Kepulauan Riau. Selain itu, 11 kontainer lain berisikan limbah plastik tercampur sampah. 16 kontainer sisanya dinyatakan tidak mengandung limbah B3 dan tidak tercampur sampah. 

"Dari hasil laboratorium yang dilakukan Bea dan Cukai murni ada 38 kontainer yang berisikan limbah plastik mengandung B3," kata Kepala Bidang BKLI KPU BC Tipe B Batam, Sumarna di kantornya, Selasa (2/7). 

Sebelum diuji laboratorium, pihaknya bersama KLHK, DLH Kota Batam, dan Sucofindo telah melakukan pemeriksaan fisik atas 65 kontainer limbah plastik tersebut. Hasil pemeriksaan fisik maupun uji laboratorium telah disampaikan oleh Bea Cukai Batam ke KLHK. 

Pada Jumat (28/6), Bea Cukai Batam telah menerima surat dari KLHK yang intinya menyampaikan penelaahan atas hasil pemeriksaan fisik dan uji lab tersebut. 

Dalam surat tersebut, KLHK meminta kepada Bea Cukai Batam untuk mengkoordinasikan pelaksanaan ekspor kembali atas limbah plastik yang mengandung B3 maupun limbah plastik yang tercampur sampah. 

"Sesuai Permendag Nomor 31 Tahun 2016 mengatur bahwa importir wajib mengekspor kembali limbah plastik yang mengadung B3 dan yang tercampur sampah," ujar Sumarna. 

Untuk itu, lanjut Sumarna, terhadap 38 kontainer limbah plastik yang terkontaminasi limbah B3 maupun 11 kontainer limbah plastik yang tercampur sampah tersebut wajib untuk segera direekspor (diekspor kembali) ke negara asal. "Sedangkan terhadap 16 kontainer lainnya dapat diproses impornya sesuai ketentuan," ujar dia. (Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Lab, 38 dari 65 Kontainer Bermuatan Limbah Plastik Mengandung B3"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru