kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Begini cerita Ali Sadikin kerap cekcok dengan DPRD DKI


Senin, 04 November 2019 / 10:44 WIB

Begini cerita Ali Sadikin kerap cekcok dengan DPRD DKI
Mantan Gubernur DKI Ali Sadikin


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sebagai Gubernur DKI Jakarta pertama, Ali Sadikin mengaku sering berdebat dengan DPRD DKI Jakarta.

Dalam biografi Ali Sadikin "Membenahi Jakarta Menjadi Kota Manusiawi" yang ditulis Ramadhan KH, dia mengaku bahwa perdebatannya bersama DPRD DKI Jakarta adalah wujud dari pengabdian pada masyarakat.

Baca Juga: Anies: Revitalisasi TIM memakan biaya Rp 1 triliun

"Bahkan perdebatan itu terasa hangat setiap sidang pleno DPRD yang saya hadiri. Saya rasa itu penting," ujar Ali.

Bagi pria yang akrab disapa Bang Ali oleh warga Jakarta ini, kedudukan DPRD sebagai legislatif adalah peran vital untuk menyampaikan aspirasi rakyat ke badan eksekutif.

Akan tetapi, Ali Sadikin juga menganggap DPRD sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk merumuskan program kerja.  Ali juga memberikan pandangan perbedaan antara legislatif daerah dan pemerintah pusat.

Bagi dia, legislatif di tingkat daerah merupakan satu kesatuan paket bersama pemerintah daerah. Berbeda ketika di tingkat pusat, DPR-RI merupakan lembaga yang terpisah dari pemerintahan.

"Di daerah adalah lain, pemerintah daerah adalah gubernur bersama DPRD," jelas dia. Ali Sadikin ingin menunjukkan apa yang menjadi percekcokannya bersama DPRD DKI Jakarta tidak lain adalah untuk memberikan kesuksesan pembangunan Jakarta saat itu.

Baca Juga: Ingin dihidupkan kembali, ini sejarah perkembangan becak di Jakarta

Dia percaya DPRD tidak hanya bisa memberikan kritik dan pengawasan terhadap program kerja yang disusun Pemda, tetapi juga bisa memberikan saran aspirasi program apa yang diinginkan masyarakat dari Pemda.

"Lembaga ini (DPRD) adalah pembawa aspirasi rakyat, tetapi di lain pihak lembaga ini juga sebagai partner eksekutif dalam merumuskan kebijaksanaan," kata Ali. (Singgih Wiryono)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Ali Sadikin Sering Cekcok dengan DPRD DKI",


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×