BPTJ: Tahun 2020 LRT Cibubur-Baranangsiang akan dibangun

Kamis, 14 Maret 2019 | 21:59 WIB Sumber: Kompas.com
BPTJ: Tahun 2020 LRT Cibubur-Baranangsiang akan dibangun


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Direktur Prasarana Badan pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Heru Wisnu Wibowo mengatakan, pihaknya akan membangun light rail transit (LRT) dari Cibubur hingga Terminal Barananggsiang, Bogor, pada 2020. 

“Tahun 2017 sudah selesai pra-studi kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Tahun ini (2019) mau dilanjutkan ke final business atau studi kelayakan, jadi tahun depan sudah bisa dibangun (LRT Cibubur hingga Baranangsiang),” ujar Heru, di Tapos, Depok, Kamis (14/3). 

Dalam pembangunan LRT ini, pihaknya akan menggandeng perusahaan swasta yang berminat dengan menggunakan skema kerja sama pemerintah-badan usaha (KPBU).

“Setelah selesai studi kelayakan, akan dilanjutkan ke proses lelang. Kalau yang LRT Cawang-Cibubur kan kontraktornya PT Adhi Karya owner-nya PT MRT. Nah untuk kelanjutannya itu akan dibangun oleh swasta dengan cara lelang,” ujar dia. 

Sejauh ini, pembangunan proyek LRT Jabodebek fase I hingga Januari 2019 telah mencapai 56,1 persen. Pembangunan LRT Jabodebek fase I membentang dari Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang kemudian Cawang-Dukuh Atas. 

Rute LRT Jabodebek membentang sepanjang 44,3 kilometer. Progress untuk rute Cawang-Cibubur 76,21 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 44,19 persen, dan Cawang-Bekasi Timur 51,06 persen. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPTJ: 2020 LRT Cibubur-Baranangsiang Akan Dibangun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru