Brantas Abipraya Bangun Ruang Terbuka di IKN, Target Kelar di Tahun Ini

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:47 WIB   Reporter: Sabrina Rhamadanty
Brantas Abipraya Bangun Ruang Terbuka di IKN, Target Kelar di Tahun Ini

Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I?yang digarap?Brantas Abipraya di IKN.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. PT Brantas Abipraya (Persero) saat ini tengah membangun Penataan Sumbu Kebangsaan yang merupakan ruang terbuka di Kawasan Inti pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dengan mengusung konsep “Future Smart Forest City of Indonesia”, sehingga diklaim tetap memperhatikan faktor lingkungan, Brantas Abipraya (Persero) menargetkan proyek selesai di tahun ini.

“Sumbu Kebangsaan di KIPP IKN Nusantara ini merupakan ruang terbuka yang nantinya menjadi simbol hubungan harmonis antar alam, manusia dan nilai luhur kebudayaaan,” ujar Purnomo, Direktur Operasi II Brantas Abipraya dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan, Selasa (19/03).

Dikatakannya juga, Sumbu Kebangsaan ini secara imajiner akan menghubungkan Istana Presiden hingga Mangrove Ecopark melalui serial ruang terbuka, mulai dari Plaza Seremoni, Bukit Bendera, Plaza Bhinneka, Science and Tech Park, Plaza Adi Budaya, Plaza Pertunjukan hingga Plaza Demokrasi.

Baca Juga: Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey untuk Atasi Banjir di Karawang dan Bekasi

Dalam pembangunannya, Brantas Abipraya mengerjakan Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I dan Tahap II. Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I terbagi menjadi beberapa zona yaitu Zona 1 yang meliputi Wetland bagian Utara dan Gedung Visitor Center. Lalu Zona 2 terdiri dari Ceremonial Lawn, Gedung Retail dan Galeri, Plaza Timur, Plaza Barat, dan Bangunan Toilet dan Servis. 

Selanjutnya, Zona 3 yang meliputi Central Promenade, Forest Walk, Forest Trail, Mini Amphitheater, dan Wetland bagian Selatan. Kemudian, Zona 4 dan Zona 5 terdiri dari Shared Street.

Adapun lingkup pekerjaannya meliputi perencanaan, persiapan dan pematangan lahan, pekerjaan lanskap di beberapa zona. Lalu, pekerjaan drainase, jalan, dan gedung visitor center, gedung ritel, dan toilet.

Sedangkan untuk pembangunan Sumbu Kebangsaan Tahap II, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini melakukan pelaksanaan pekerjaan Plaza Bhinneka A, Plaza Bhinneka B, Plaza Bhinneka C, Streetscape Plaza Bhinneka, Plaza Legislatif, Streetscape Plaza Legislatif, Plaza Yudikatif, Streetscape Plaza Yudikatif, dan Sistem Persampahan, serta pelaksanaan pekerjaan Sistem Proteksi Kebakaran KIPP.

“Ditargetkan tuntas di tahun 2024 ini, Sumbu Kebangsaan Tahap II merupakan wujud kontribusi penuh Brantas Abipraya dalam mendukung pembangunan infrastruktur di IKN,” tutup Purnomo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru