ARUS BALIK - Simak cara daftar balik rantau gratis pasca mudik atau arus balik Lebaran 2025. Setelah merayakan Idulfitri di kampung halaman, banyak perantau yang harus kembali ke kota tempat mereka bekerja atau beraktivitas.
Untuk mendukung kelancaran perjalanan pasca lebaran, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan program Balik Rantau Gratis dengan moda transportasi bus dan kereta api.
Program Balik Rantau Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Bank Jateng dan Baznas memberikan kemudahan bagi perantau yang ingin kembali ke tempat asal mereka setelah merayakan Idulfitri.
Baca Juga: Siap-Siap! DAMRI Bakal Gelar War Promo Tiket Tambahan, Cek Syaratnya
Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya mereka yang merantau, agar dapat kembali ke tempat asalnya dengan aman, nyaman, dan tanpa biaya.
Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan arus balik pasca lebaran menjadi lebih tertata dan mengurangi kepadatan di jalur transportasi umum.
Berdasarkan informasi dari akun @, pendaftaran dibuka kembali secara online pada Sabtu, 22 Maret 2025 pukul 10.00 WIB hingga kuota penuh. Program ini menyediakan dua moda transportasi, yaitu kereta api dan bus.
Untuk armada kereta api, tersedia 15 kuota untuk perjalanan menggunakan KA Tawang Jaya Premium dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Pasar Senen pada 9 April 2025 pukul 14.00 WIB.
Baca Juga: Jelang Lebaran, Penjualan Tiket Bus AKAP Turun 40% Dibanding Tahun Lalu
Sementara itu, untuk armada bus, terdapat tiga titik keberangkatan
1. Terminal Pekalongan (25 seat umum, 5 seat lansia/disabilitas)
2. Asrama Haji Donohudan Boyolali (85 seat umum, 15 seat lansia/disabilitas)
3. Terminal Bulupitu Purwokerto (54 seat umum, 6 seat lansia/disabilitas).
Semua bus akan menuju Terminal Pulo Gebang Jakarta dengan jadwal keberangkatan pada 10 April 2025 pukul 11.00 WIB.
Baca Juga: Tiket KA Lebaran Terjual 2,3 Juta, KA Pasundan Jadi Favorit Pemudik
Cara daftar dan syarat
Simak beberapa syarat dokumen yang harus diunggah untuk pendaftaran program Balik Rantau Gratis.
1. Kartu Identitas
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau
- Kartu Identitas Anak (KIA) (jika pendaftar masih anak-anak).
2. Kartu Keluarga (KK)
Wajib diunggah jika mendaftar bersama satu keluarga atau dalam kelompok.
3. Bukti Pekerjaan
Dokumen atau foto yang menunjukkan bahwa pendaftar bekerja di daerah tujuan, misalnya:
- Foto di lokasi kerja.
- Foto tanda pengenal atau ID pekerja.
- Foto akun ojek online bagi pekerja di sektor transportasi daring.
- Foto sedang berjualan bagi pedagang.
4. Format Dokumen
- Semua dokumen harus dalam format jpg atau pdf.
- Ukuran maksimal 5MB per file.
- Dokumen harus terbaca dengan jelas.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi PEDA MATENG di situs: https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/ hari Sabtu, 22 Maret 2025.
Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi yang tertera dalam poster, serta informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui WhatsApp hotline 0811-2790-123.
Tonton: Jadwal Contraflow, One Way dan Ganjil Genap Arus Mudik Lebaran 2025
Selanjutnya: Rekap Anime Solo Leveling Season 2 Episode 1-11, Jinwoo Muncul di Saat yang Tepat!
Menarik Dibaca: Hujan Petir Guyur Wilayah Ini, Simak Ramalan Cuaca Besok (22/3) di Jawa Timur
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News