Infrastruktur

Cek penutupan jalan karena banjir lewat Google Maps, begini caranya

Kamis, 02 Januari 2020 | 17:22 WIB   Reporter: kompas.com
Cek penutupan jalan karena banjir lewat Google Maps, begini caranya

ILUSTRASI. Foto aerial kawasan Jalan Gunung Sahari dan Jalan Samanhudi terendam banjir di Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2020).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aplikasi peta Google Maps memberikan informasi visual penutupan beberapa jalan yang terdampak banjir di Jakarta akibat hujan pada momen pergantian tahun. 

Bila ingin mencari informasi penutupan jalan, pengguna gadget cukup membuka Google Maps melalui ponsel. Di layar bawah aplikasi terdapat kolom bernama Banjir di Jakarta yang bisa ditarik ke arah atas untuk menampilkan informasi selengkapnya. 

Menurut pantauan KompasTekno, Kamis (2/1/2020), dalam kolom tersebut pengguna bisa menemukan informasi penutupan jalan dan sekaligus melaporkan peristiwa penutupan jalan karena banjir. 

Baca Juga: Tol Japek masih tergenang, lalin Cikampek dialihkan ke Cibitung

Jangan lupa, sebelum mencari informasi penutupan jalan, pengguna perlu mengubah detail peta menjadi format lalu lintas di bagian kanan atas peta. Di tampilan peta, pengguna bisa melihat jalan-jalan mana saja yang mengalami penutupan karena banjir.

Informasi penutupan jalan pada peta diwakili simbol forbidden (dilarang masuk, verboden) berwarna merah, dan simbol peringatan berupa tanda seru berlabel kuning. 

Jika di-klik, simbol forbidden dan peringatan tadi akan menampilkan informasi lanjutan soal penutupan ruas jalan terkait, serta berapa banyak laporan yang masuk dan kapan waktu pelaporan terakhir.

Baca Juga: Banjir masih melanda Jakarta, kebijakan ganjil-genap ditiadakan

Pengguna Google Maps juga bisa memberi laporan kalau menjumpai jalanan yang ditutup dengan meng-klik tombol berbunyi "laporkan penutupan jalan".

Penulis: Putri Zakia Salsabila

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cek Penutupan Jalan karena Banjir di Jakarta lewat Google Maps"

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru