CLOSE [X]

Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Ada Kota Bekasi

Rabu, 08 Juni 2022 | 10:15 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Ada Kota Bekasi

ILUSTRASI. Posisi pertama dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia adalah Jakarta. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Murah atau mahalnya biaya hidup di suatu kota disebabkan oleh banyak faktor. Namun yang paling utama adalah faktor kondisi kota tersebut. Biasanya, semakin ramai suatu kota, maka harga kebutuhan akan melonjak.

Lalu, apakah Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia?

Ukuran kota dengan biaya hidup termahal bisa diketahui dengan dua cara yaitu indeks harga konsumen (IHK), dan pengeluaran per kapita. Data pengeluaran per kapita dapat dilihat dari hasil survei biaya hidup yang dilakukan oleh badan pusat statistik (BPS).

Survei ini dilakukan setiap lima tahun sekali dan didasarkan atas perhitungan pengeluaran per kapita, bukan berdasarkan tinggi rendahnya harga barang-barang atau jasa. 

Dikutip dari laman BPS, berikut daftar 7 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia berdasarkan data pengeluaran per kapita selama sebulan:

Baca Juga: Catat! Tarif di Lebih dari 30 Ruas Tol Akan Naik pada 2022

1. Jakarta

Posisi pertama dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia adalah Jakarta. Sebagai ibukota Indonesia sekaligus menjadi pusat bisnis, Jakarta memang menjadi tujuan banyak orang untuk merantau.

Hasil survei biaya hidup (SBH) tahun 2018 menunjukkan, total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Jakarta adalah sebesar Rp 4.446.770. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 16.897.727. 

Karena itu tidak heran kalau biaya hidup di Jakarta juga terbilang mahal. Apalagi Jakarta juga merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia.

Baca Juga: ​Apa itu Gross Domestic Product atau GDP? Ini Cara Menghitungnya

2. Surabaya

Selanjutnya, Surabaya ada di posisi kedua kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Pahlawan ini adalah sebesar Rp 4.240.902. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 16.115.429.

Kota di ujung timur Pulau Jawa ini merupakan salah satu pusat bisnis yang berkembang setelah Jakarta. Selain itu, Surabaya juga merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Timur sekaligus kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Maka dari itu, tidak aneh jika Surabaya masuk daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru