Dana kampanye, Sandi Rp 34 M Anies Rp 400 juta

Selasa, 20 Desember 2016 | 15:31 WIB Sumber: Kompas.com
Dana kampanye, Sandi Rp 34 M Anies Rp 400 juta


JAKARTA. Bendahara Umum Tim Pemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Satrio Dimas Aditiyo menyatakan, sumbangan dana kampanye pasangan nomor pemilihan tiga di Pilkada DKI Jakarta 2017 sebanyak Rp 35,6 miliar. Sebagian besar sumbangan dana kampanye tersebut berasal dari Sandi.

Sumbangan dana kampanye itu telah dilaporkan ke KPU DKI dan dinyatakan lengkap. "Sumbangan dana kampanye yang kami laporkan Rp 35,6 miliar," kata Satrio, kepada awak media, di gedung KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (20/12/2016).

Sumbangan tersebut berasal dari calon dan partai politik pengusung Anies-Sandi. Rinciannya Partai Gerindra Rp 750 juta dan Partai PKS Rp 350 juta.

Sedangan Anies menyumbang Rp 400 juta dan Sandi menyumbang Rp 34 milar lebih. Sumbangan kampanye itu merupakan yang terkumpul dari tanggal 25 Oktober-19 Desember 2016.

Namun, dari Rp 35,6 miliar itu, sisa saldo di rekening kampanye pasangan tersebut saat ini Rp 7 miliaran. "Sisa saldo di rekening Rp 7 miliar per kemarin tanggal 19 Desember," ujar Satrio.

Diakuinya, Sandi memang menjadi penyumbang terbanyak untuk dana kampanye ini. Pasangan Anies-Sandi juga ternyata belum menerima sumbangan dari relawan, perorangan, ataupun perusahaan. "Belum ada. Baru internal partai dan calon membiayai kampanye sendiri," ujar Satrio.

Pihaknya menyatakan tidak menutup diri jika ada pihak yang mau menyumbang kampanye untuk Anies-Sandi. "Insya Allah akan ada bantuan dari pihak luar. Kami melihat antusiasme masyarakat masih tinggi. Jadi kami tidak menutup kemungkinan ada sumbangan dari luar," ujar Satrio.

(Robertus Belarminus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru