Debat, ini tanggapan paslon soal penggusuran

Jumat, 13 Januari 2017 | 21:35 WIB   Reporter: Teodosius Domina
Debat, ini tanggapan paslon soal penggusuran


JAKARTA. Debat calon gubernur (cagub) DKI Jakarta 2017 bergulir. Panelis mempertanyakan tentang penggusuran. Jakarta sebagai kota yang dilewati 15 aliran sungai selama ini bantarannya ditempati oleh masyarakat sebagai tempat tinggal. Selama ini, meskipun dilematis, pemerintah provinsi memilih untuk melakukan penggusuran.

Panelis pun memasukkan pertanyaan ini dalam pertanyaan debat. Anies Baswedan, cagub nomor urut 1 menyatakan, jika terpilih, mereka akan melakukan penataan ulang. Ia pun mengatakan kalaupun melakukan relokasi akan dilakukan lewat musyawarah.

Ia pun menyinggung kemenangan warga Bukit Duri di PTUN beberapa waktu lalu. Menurut Anies, itu membuktikan selama ini Pemprov DKI kurang adil. "Ketika berhadapan dengan kekuasan yang kuat, tumpul. Tapi ketika berhadapan dengan rakyat lemah, prosedur dilanggar," kata Anies.

Sementara itu, Agus lantang mengatakan tidak akan menggusur. "Dengan tegas, saya mengatakan, kami akan membangun menata Jakarta tanpa menggursur. Karena terbukti penggusuran hanya meningkatkan kemiskinan," kata Agus.

Sedangkan cawagub nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat bilang menunggu pertanyaan semacam ini lantaran ingin melakukan klarifikasi. Pasalnya selama ini, ia mengklaim pemindahan warga bantaran ke rusun dilakukan secara manusiawi. Warga diberi kompensasi yang cukup, di antaranya KJP, KJS, subsidi transportasi, dan beberapa subsidi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru