Earth hour, lampu Balaikota hingga Monas akan padam

Jumat, 23 Maret 2018 | 13:42 WIB Sumber: Kompas.com
Earth hour, lampu Balaikota hingga Monas akan padam

ILUSTRASI. Tugu Monas


DKI JAKARTA - JAKARTA. Menyambut Earth Hour, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan aksi pemadaman lampu selama satu jam pada pukul 20.30-21.30, Sabtu (24/3).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, lampu akan dimatikan selama satu jam di ikon kota Jakarta, yaitu Gedung Balai Kota, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Patung Sudirman, Patung Arjuna Wiwaha, Monumen Selamat Datang, dan Simpang Susun Semanggi.

“Kami juga memadamkan lampu di bangunan-bangunan pemerintah, yaitu kantor wali kota dan bupati, kantor kecamatan, dan kantor dinas,” ucap Isnawa dalam siaran resminya, Jumat (23/3).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan akan memimpin aksi kick off pemadaman lampu di Balai Kota. Aksi ini menjadi simbolis berisi pesan edukasi meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghemat energi.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Kehutanan, serta PLN Disjaya. Selain itu, juga ikut menggandeng komunitas Earth Hour Jakarta. Menurut Isnawa, dari hasil inventarisasi emisi gas rumah kaca di Jakarta tahun 2015 dan 2016, sumber emisi terbesar adalah dari penggunaan listrik.

Jakarta telah berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca dalam Rencana Tata Ruang Wilayah 2030 dan Pergub Nomor 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peringati "Earth Hour", Lampu Balai Kota hingga Monas Akan Dipadamkan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru