Festival Jelang Obor untuk meriahkan Asian Games, apakah itu?

Sabtu, 23 Juni 2018 | 16:34 WIB Sumber: Kompas.com
Festival Jelang Obor untuk meriahkan Asian Games, apakah itu?

ILUSTRASI. Wagub Sandiaga Uno


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Festival Jelang Obor dalam rangka meramaikan Asian Games 2018. Replika obor Asian Games 2018 akan dibawa berlari dimulai dari masing-masing Kecamatan.

"Harapan kita dengan di launching-nya Festival Jelang Obor ini antusias masyarakat akan lebih terlihat membahana dan panji-panji kebesaran Asian Games, kebesaran bangsa ini mulai ada di wilayah masyarakat seluruh teritori Jakarta dan Kepulauan Seribu," kata Sandiaga dalam konferensi pers di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6).

Sandiaga menjelaskan Festival Jelang Obor akan dilaksanakan di 44 kecamatan dan 267 kelurahan, dibagi menjadi tiga pelaksanaan. Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada 1 Juli 2018, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada 8 Juli 2018, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada 15 Juli 2018.

Replika obor ini akan dibawa berlari di setiap kelurahan oleh enam regu pelari. Satu regu terdiri dari 11 orang dengan komposisi 1 pembawa replika obor merupakan tokoh masyarakat, atlet, atau tokoh berprestasi di wilayah kelurahan.

Jarak yang ditempuh sepanjang 500 meter. Setelah 500 meter, replika obor akan berpindah ke regu berikutnya. "Masing-masing RT dan RW diberi kesempatan menampilkan tokoh-tokoh masyaralat, pemuda, seniman, atlet, pemuda-pemuda gereja dan tokoh agama lainnya. Untuk diberikan kesempatan jadi bagian Asian Games," ujar Sandiaga.

Asian Games akan digelar di Jakarta dan Palembang dari 18 Agustus sampai 2 September 2018. Asian Games akan disemarakkan Torch Relay International yang akan diliput dan disiarkan ke-45 official broadcaster negara peserta, serta negara-negara lain di luar Asia. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Juli, DKI Gelar Festival Jelang Obor untuk Meriahkan Asian Games"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru