Gempa Mentawai, BNPB pastikan Sumatera aman

Rabu, 02 Maret 2016 | 22:13 WIB Sumber: TribunNews.com
Gempa Mentawai, BNPB pastikan Sumatera aman


Jakarta. Gempa berkekuatan 7,8 SR yang berpusat di Kepulauan Mentawai dipastikan tidak menimbulkan tsunami. Gempa yang berpusat di Samudera Hindia di kedalaman 10 km terletak 682 km barat daya Kepulauan Mentawai Sumatera Barat juga belum didapat laporan adanya korban jiwa.

"Belum ada laporan korban jiwa," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam penjelasan ke wartawan, Rabu (2/3/2016).

Sutopo juga meralat informasi awal yang disampaikan BMKG yang awalnya menyebut kekuatan gempa 8,3 SR. Hasil evaluasi akhir, gempa berkekuatan 7,8 SR.

Menurut Sutopo, guncangan gempa dirasakan sedang di Padang. Sedangkan di Payakumbuh gempa terasa ringan.

Saat terjadi gempa, beberapa sirine tsunami diaktifkan. Masyarakat merespon peringatan dini dengan naik ke shelter atau mencari tempat yang tinggi.
Bangunan-bangunan tinggi juga digunakan untuk evakuasi.

"Dapat dilaporkan bahwa kondisi di daratan Sumatera masih aman. Sedangkan komunikasi dengan BPBD Mentawai masih terus dilakukan. Belum ada laporan korban jiwa," lanjut Sutopo.

BNPB juga terus berkoordinasi untuk mendapatkan informasi khususnya di Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu dan Lampung yang disebut BMKG berpotensi terjadi tsunami. "BNPB masih terus berusaha memperoleh informasi dari BPBD," jelas SUtopo.

(Yulis Sulistyawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru