Jabodetabek

Ini progres proyek MRT Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan rampung April 2025

Rabu, 21 April 2021 | 08:53 WIB Sumber: Kompas.com
Ini progres proyek MRT Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan rampung April 2025

ILUSTRASI. Proyek Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase II di kawasan MH. Thamrin, Jakarta,

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menargetkan pembangunan segmen 1 MRT Fase 2A paket kontrak CP201 yaitu Bundaran HI hingga Harmoni rampung pada April 2025.

"Sementara untuk MRT Fase 2A Harmoni-Kota ini akan selesai pada tahun 2027 mendatang," ujar William dalam acara penandatanganan paket kontrak CP203 MRT Fase 2A, di Jakarta, Selasa (20/04/2021).

Adapun progres pembangunan Segmen 1 MRT Jakarta Fase 2A per akhir Maret 2021 baru  mencapai 12,58 persen.

Baca Juga: Anies: Saya sampaikan terima kasih ke Jokowi atas dukungan infrastruktur Jakarta

Sejumlah pekerjaan telah dilakukan, meliputi pengalihan arus lalu lintas sepanjang Jalan Thamrin, pembuatan retaining wall untuk area mesin bor terowongan atau tunnel boring machine (TBM) di Bundaran HI.

Lalu pembuatan soil pit di area pembangunan Stasiun Thamrin, D-Wall stasiun Monas, dan juga penyelesaian pembangunan Pos Polisi Medan Merdeka serta penyelesaian pusat informasi (visitor area) di area Monas. Saat ini, di area pembangunan Stasiun Thamrin juga tengah dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas.

Termasuk kegiatan power blender, yaitu memperkuat struktur tanah di sisi selatan Stasiun Thamrin. Sementara di area Bundaran HI sedang dilaksanakan kegiatan jet grout atau memperkuat struktur tanah di kedalaman yang diinginkan sebagai bagian dari persiapan launching shaft TBM.

MRT Jakarta juga melaporkan, per 25 Maret 2021 sebanyak 17 panel D-Wall atau dinding penahan tanah untuk Stasiun MRT Monas tuntas dibangun. Rencananya akan ada 102 panel D-Wall untuk Stasiun Monas.

Baca Juga: Proyek MRT dan LRT membuat hunian TOD semakin diminati

Diharapkan, progres konstruksi MRT Fase 2A paket kontrak CP201 bisa mencapai 23,07 persen hingga akhir 2021. Untuk diketahui, pekerjaan MRT Fase 2A terbagi menjadi beberapa paket yaitu Paket pertama CP201 untuk rute Bundaran HI-Harmoni.

Paket 2 atau CP202 rute Harmoni-Mangga Besar, dan paket ketiga adalah CP203 rute Mangga Besar-Kota.

Kemudian paket CP205 yang meliputi pekerjaan sistem elektrikal, mekanikal, dan rel. Lalu CP 206 untuk pengadaan kereta serta CP207 untuk pekerjaan automatic fare collection (AFC). (Ardiansyah Fadli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MRT Bundaran HI-Harmoni Ditargetkan Rampung April 2025, Ini Progresnya"

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru