Jadi halaman depan negara, wilayah perbatasan mulai berbenah

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 15:25 WIB   Reporter: Andy Dwijayanto
Jadi halaman depan negara, wilayah perbatasan mulai berbenah

ILUSTRASI. Perawatan perangkat BTS


BATAS WILAYAH - NUNUKAN. Stigma wilayah perbatasan yang dulu dianggap terpencil, terluar dan terisolir sudah semakin terkikis. Komitmen pemerintah untuk membenahi dan menata wilayah perbatasan sebagai halaman depan negara mulai menampakkan hasil positif.

Asmin Laura Hafid, Bupati Nunukan menjelaskan bahwa saat ini untuk askes telekomunikasi hampir seluruh jaringan selular sudah masuk. Tidak ada persoalan lagi terkait akses ke dunia luar, hanya saja pasokan listrik saat ini memang belum terlalu andal.

"Kami suplay listriknya dengan PLTD dan PLTMG yang memang kadang black out itu bisa 4 jam, itu yang perlahan kami mulai benahi," ujarnya di Nunukan, Jumat (30/8).

Baca Juga: Lewat live video, bupati Asmat kirim salam ke presiden Jokowi

Diluar itu, hampir seluruh operator telekomunikasi sudah menebar jaringan di Nunukan. Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Tri sudah bisa dengan mudah diakses. Sebagai wilayah perbatasan, Ia berharap wilayahnya terus mendapat sentuhan pembangunan dari pemerintah pusat.

"Bagi masyarakat kami lebih kepada harga diri bangsa yang ada di perbatasan. Tidak hanya sampai disini saja tetapi ada program-program lainnya di wilayah perbatasan," lanjutnya.

Sementara itu, warga Nunukan masih mengeluh dengan masih adanya sinyal operator seluler dari negara tetangga yang masuk ke beberapa wilayah. Hal ini menyebabkan panggilan seluler mengalami roaming dan menyedot pulsa.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara segera akan menyelesaikan persoalan tersebut.

Baca Juga: Tebar siaran digital di perbatasan, Kominfo: Demi kedaulatan konten

"Saya janjikan secepatnya bisa selesaikan ini, itu PR kami. Kami akan koordinasikan dengan pihak Malaysia karena kadang (sinyal) mereka menyeberang ke Indonesia," ujar Rudiantara.

Ia menyebut per September nanti sudah tidak ada lagi sinyal operator seluler Malaysia yang menyeberang ke wilayah Indonesia. Tidak hanya itu saja, Ia juga hari ini meresmikan siaran tv digital di Batam, Nunukan dan Jayapura untuk lebih menyentuh wilayah perbatasan.?

Elisa Kambu,  Bupati Asmat mengapresiasi kinerja Kementerian Kominfo dan Pemerintah Pusat yang berhasil menuntaskan pembangunan Palapa Ring Timur. Ia meminta akses internet baik broadband maupun satelit terus diperluas di wilayah Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru