Jelang Lebaran, Kementan Gelar Pangan Murah di Markas Kodim Tigaraksa Minggu Pagi

Sabtu, 23 April 2022 | 22:57 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Jelang Lebaran, Kementan Gelar Pangan Murah di Markas Kodim Tigaraksa Minggu Pagi

ILUSTRASI. Ilustrasi pangan murah di lingkungan TNI


KOMODITAS PANGAN -  JAKARTA. Warga Tangerang Raya ayo segera mendapatkan 12 pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada Gelar Pangan Murah Ramadan (GPM). Kementan menggelar GPM di markas Kodim 0510/Tigaraksa, Minggu pagi (24/4) di kawasan Kadu Agung, Jl M Atik Soeardia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kegiatan GPM terselenggara atas kolaborasi Kementerian Pertanian dengan TNI AD khususnya Korem 052/Wijayakrama memilih lokasi GPM di Makodim 0510/Tigaraksa agar mudah dijangkau oleh warga Tangerang Raya dan sekitarnya. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menambahkan Idul Fitri 1443 H tahun ini berbeda dari 2020 dan 2021. 

Hari Besar Keagamaan Nasional bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, kata Dedi, masih dibayangi Covid-19, namun bergerak menuju 'era kembali normal' sehingga peluang mudik telah dibuka pemerintah. 

"Mobilitas dan daya beli masyarakat mulai meningkat, terbukti perekonomian Indonesia sudah settle dengan tingkat inflasi lebih rendah ketimbang sejumlah negara tetangga," kata Dedi Nursyamsi dalam siaran pers, Sabtu (23/4).

Baca Juga: Apakah Minyak Goreng Curah Berbahaya? Ini Penjelasannya

Penanggung Jawab (PJ) Pengawalan Ketersediaan Pangan Provinsi Banten, Siti Munifah mengatakan GPM merupakan titik kulminasi dari koordinasi dan kerjasama Kementan dengan Pemprov dan Pemkab di lingkup Provinsi Banten. 

"Kegiatan intensif melalui pengawalan dan supervisi ketersediaan dan harga bahan pangan pokok, dengan menerjunkan tim, baik kunjungan kerja maupun inspeksi mendadak," kata Siti Munifah.

Acuannya, Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 251/2022, sebagai pijakan legalitas PJ Banten Kementan, Siti Munifah melaksanakan instruksi dan arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo mengecek langsung ketersediaan di tingkat produsen, pedagang besar, pasar induk, pasar tradisional dan retail serta koordinasi Bulog setempat dan Satgas Pangan provinsi dan kabupaten. 

"Tujuannya, memastikan 12 bahan pokok tersedia di seluruh penjuru Provinsi Banten sekaligus mengambil langkah-langkah situasional sekiranya terdapat bahan pangan yang suplainya berkurang," kata Siti Munifah, yang juga Sekretaris BPPSDMP Kementan.

Kegiatan GPM di Makodim 0510/Tigaraksa merupakan 'puncak' dari kegiatan sidak dari PJ Banten Kementan, setelah berkoordinasi dengan Kasiter Korem 052/WKR, Kolonel Arm Mulyadi mewakili Komandan Korem [Danrem] 052/Wijayakrama, Brigjen TNI Rano Tilaar.

Tiga Kali Sidak

Sebagaimana diberitakan, PJ Banten Kementan Siti Munifah melakukan tiga kali sidak. Berawal Sabtu [9/4] di Pasar Serpong, Kota Tangerang dan Pasar Kelapa Dua di Kabupaten Tangerang bersama tim Satgas Pangan Pemprov Banten dan pemerintah kabupaten/kota.

Baca Juga: Melesat 23,89%, BTN Catat Laba Bersih Rp 774 Miliar di Kuartal 1-2022

Berlanjut pada Selasa (12/4) di Pasar Induk Rau, Kota Serang yang dihadiri Sekretaris Daerah [Sekda] Pemprov Banten, Al Muktabar. Langkah sidak disambut oleh Wakil Menteri Perdagangan [Wamendag] Jerry Sambuaga yang melakukan kegiatan serupa di Pasar Lama Kota Tangerang. Hadir Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru