Kasus positif corona naik, Anies kembali perpanjang PSBB transisi DKI selama 14 hari

Kamis, 13 Agustus 2020 | 21:34 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus positif corona naik, Anies kembali perpanjang PSBB transisi DKI selama 14 hari

ILUSTRASI. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase pertama. Ini merupakan perpanjangan PSBB transisi fase pertama yang keempat kalinya. 

PSBB transisi diperpanjang dua pekan, terhitung mulai Jumat (14/8) hingga Kamis (27/8). Anies menyebutkan, keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan segala kondisi dan setelah berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, serta berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) pada sore tadi. 

"Kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB masa transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujar Anies dalam keterangan tertulis, hari ini (13/8).

Baca Juga: Update corona Jakarta, Kamis (13/8): 27.863 kasus, 17.836 sembuh, 981 meninggal  

PSBB transisi kembali diperpanjang lantaran temuan kasus positif baru atau positivity rate di Jakarta cenderung meningkat selama sepekan terakhir, yaitu di angka 8,7%. 

"Akan tetapi, jika diakumulasikan sejak awal, positivity rate DKI Jakarta berada di angka 5,7%. Adapun standar positivity rate dari WHO untuk dinyatakan aman dan terkendali adalah 5%," kata dia. 

Anies menegaskan, melalui perpanjangan ini, Pemprov DKI bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker oleh masyarakat. 

PSBB transisi telah diberlakukan sejak 5 Juni 2020. PSBB transisi mulanya dilaksanakan selama 28 hari atau sampai 2 Juli 2020. Namun, Anies memutuskan untuk memperpanjang PSBB transisi selama 14 hari hingga 16 Juli. Karena jumlah kasus yang belum melandai, PSBB transisi kembali diperpanjang hingga hari ini. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Selama 14 Hari hingga 27 Agustus".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru