Ketua DPRD DKI: Anggaran belanja lahan Pemprov DKI seharusnya sudah tidak ada

Sabtu, 16 Mei 2020 | 14:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ketua DPRD DKI: Anggaran belanja lahan Pemprov DKI seharusnya sudah tidak ada


ANGGARAN - JAKARTA. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengaku kaget karena mendapat laporan dari Komisi C mengenai adanya anggaran yang konsumtif.

Anggaran tersebut merupakan anggaran pembelian lahan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 720 miliar. 

"Saya kaget juga, kok masih ada anggaran yang bersifat konsumtif di sini. Bayangkan, di tengah situasi seperti ini, di saat seluruh anggaran di 2020 dipangkas dan dialihkan untuk penanganan dan pemulihan corona, kok ini masih ada belanja lahan," ucap Prasetio saat dihubungi, Sabtu (16/5). 

Baca Juga: Anies mulai terapkan larangan keluar masuk Jakarta

Belanja lahan tersebut adalah belanja lahan di Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Pemprov DKI, yakni pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau (RTH) hutan di Wilayah DKI Jakarta. 

Pengadaan tanah juga dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta. 

Dalam Surat Gubernur DKI Nomor 161/-1.713 tertanggal 20 April 2020 tentang Kegiatan SKPD/UKPD Provinsi DKI Jakarta pada Perubahan Anggaran Mendahului Perubahan APBD TA 2020, anggaran untuk pengadaan panah untuk RTH di Wilayah DKI Jakarta sebesar Rp 400 miliar. 

Lalu anggaran tersebut mengalami pengurangan sebesar Rp 25,94 juta sehingga menjadi Rp 374,06 miliar. Sementara, anggaran penetapan pengadaan tanah Bina Marga di Provinsi Jakarta sebesar Rp 577,47 miliar. Kemudian dikurangi sebesar Rp 230,99 miliar sehingga menjadi Rp 346,48 miliar. 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru