Knight Franks: Bekasi Masih Jadi Andalan Sektor Industri pada 2023

Kamis, 07 September 2023 | 19:35 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Knight Franks: Bekasi Masih Jadi Andalan Sektor Industri pada 2023

ILUSTRASI. Serap 65% Lahan Industri, Knight Franks: Bekasi Masih Jadi Andalan Sektor Industri di 2023. (KONTAN/Baihaki)


LAHAN INDUSTRI - JAKARTA. Laporan Asia Pacific Logistics Highlights H1 2023 yang dirilis oleh Knight Frank Asia Pasifik menyebutkan Koridor Timur Jakarta masih menjadi wilayah dengan jumlah serapan terbanyak di mana hampir seluruh serapan lahan di semester pertama 2023 terjadi di wilayah tersebut.

Hal ini ditandai dengan tercatatnya Bekasi sebagai area dengan serapan industri tertinggi hingga saat ini, yaitu sekitar 65% dari total serapan di seluruh Greater Jakarta. Untuk total serapan lahan industri di Greater Jakarta sendiri tercatat berjumlah sekitar 66,18 hektar.

Selain itu, berdasarkan laporan terbaru dari Jakarta Property Highlights H1 2023 yang dirilis oleh Knight Frank Indonesia, performa sektor industri di kawasan Jakarta juga tercatat stabil.

Syarifah Syaukat, Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia, mengatakan. dalam skala yang lebih besar, performa sektor industri di awal tahun ini cenderung terkoreksi jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca Juga: Knight Frank Sebut Jakarta Bakal Kedatangan 3 Mal Baru di Akhir Tahun 2023

Namun jika dilihat dan bandingkan faktor lainnya secara umum, performa pertumbuhan sektor logistik di Greater Jakarta bisa dikatakan cukup baik untuk semester pertama tahun ini.

"Hal ini bisa dilihat dari adanya tambahan stok yang signifikan, harga yang masih stabil, dan juga diikuti dengan permintaan yang terus berdatangan dari beberapa sektor," kata Syarifah dalam keterangan resmi, Kamis (7/9).

Adapun, sektor manufaktur dan auto-derived merupakan beberapa sektor yang tercatat paling aktif dalam menyerap lahan industri di awal tahun ini.

Jakarta Property Highlight H1 2023 juga mencatat di semester pertama tahun 2023 tercatat total penjualan lahan untuk sektor industri berada di angka kisaran 67,47%. Sementara itu, untuk performa dari segi harga sendiri tercatat harga cenderung masih stabil jika dibandingkan dengan semester sebelumnya.

Baca Juga: Knight Frank: Tingkat Okupansi Ruang Ritel Capai 78,84% pada Semester I-2023

Willson Kalip, Country Head Knight Frank Indonesia, menerangkan, performa sektor industri terhitung masih positif di awal tahun ini, meski diharapkan akhir tahun performa ditutup dengan serapan yang lebih baik.

Ia menambahkan, tantangan ke depan juga datang dari stok yang diperkirakan akan bertambah di area Jabodetabek, termasuk di beberapa wilayah aglomerasi lain, seperti Subang dan Jawa Tengah.

Sementara itu, persiapan tahun politik diharapkan dapat memberikan implikasi positif terhadap pertumbuhan sektor industri, khususnya warehouse.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru