Jawa Timur

Madu jadi salah satu bantuan material kesehatan Kasad TNI untuk RSUD Dr Soetomo

Minggu, 19 Juli 2020 | 21:34 WIB   Reporter: Barly Haliem
Madu jadi salah satu bantuan material kesehatan Kasad TNI untuk RSUD Dr Soetomo

ILUSTRASI. Gubernur Jatim Khofifah Indar P saat peresmian Pusat Pelayanan Pendidikan dan Riset Penyakit Menular RSUD Dr Soetomo, Surabaya. Rumahsakit ini mendapat bantuan material kesehatan dan lainnya dari KASAD TNI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD),  Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan sejumlah bantuan berupa material kesehatan (matkes) dan prophylaxi, kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Khususnya bagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo , yang merupakan RS rujukan utama bagi penanganan pasien covid-19 di Jatim. 

Bantuan tersebut terdiri dari  2 unit lampu ultraviolet, 1 dus berisikan 25 botol hand sanitizer ukuran 1 liter, 70 dus berisikan 4.609 botol disinfektan spray 280 ml, serta 70 dus berisikan 4.609 botol madu. Mewakili KASAD TNI, Pangdam V/Brawijaya, Mayjend TNI Widodo Iryansyah menyerahkan seluruh bantuan itu kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (19/7).

Baca Juga: Jatim mengincar pelancong lokal melalui Kawasan Bromo Tengger Semeru

Usai menerima bantuan tersebut dari Pangdam V/Brawijaya, Gubernur Khofifah lantas menyerahkan bantuan itu kepada Direktur Utama RSUD dr. Soetomo, Dr. Joni Wahyuhadi. Adapun bantuan itu rencananya akan diberikan kepada 561 dokter, perawat, tenaga kesehatan, serta dokter Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang bekerja di RSUD dr. Soetomo.

Baca Juga: Hore, jumlah pasien sembuh di Jatim kembali bertambah 555 orang

“Atas bantuan ini, kami bersama seluruh jajaran Pemprov Jatim, terutama tim tenaga kesehatan RSUD dr. Soetomo mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak KASAD .Tentu support ini akan memberikan makna yang besar, penguatan, semangat, dan motivasi bagi seluruh tenaga kesehatan di RSUD dr Soetomo, dan tentu bagi tenaga kesehatan di Jawa Timur,” kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (19/7).

Baca Juga: Sudah tidak ada lagi istilah ODP, PDP, OTG di Pemprov Jatim

Orang nomor satu di Jatim ini menambahkan, bantuan ini sangat berarti bagi para tenaga kesehatan. Sebab mereka tidak hanya mengorbankan energinya, tapi bahkan jiwanya untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh penanganan pasien  Covid-19 di Jatim. Khofifah optimistis, bantuan ini akan memberikan resonansi yang besar bagi setiap pelayanan kesehatan di Jawa Timur

“Karena itu, dari seluruh kerja keras yang sudah dilakukan oleh tim tenaga kesehatan di Jatim, terutama RSUD dr. Soetomo. Bantuan ini pasti akan memberikan tambahan support agar mereka terus bersemangat mendedikasihkan seluruh profesionalismenya, dan komitmennya. Yakni, memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat Jawa Timur,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjend TNI Widodo Irwansyah mengatakan, pihaknya mewakili KASAD  memberikan bantuan matkes dan prophylaxis tersebut sebagai dorongan, semangat, dan dukungan kepada para tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD dr. Soetomo. Selain itu, juga agar para tenaga medis tersebut tidak merasa capai saat bekerja.

“Sebab salah satu bantuan yang diberikan adalah madu, dipilihnya madu karena bapak KASAD rutin memberikan masing-masing satu botol madu kepada semua tenaga medis di RSPAD Gatot Soebroto. Alhamdulllah mereka tambah semangat, tambah imun, dan merasa segar terus. Jadi, bapak KASAD  merasa ini sangat bermanfaat,” pungkasnya. 

Editor: Markus Sumartomjon


Terbaru