Menteri PUPR Pastikan Seluruh Kesiapan Insfrastruktur di Bali Rampung Oktober Ini

Jumat, 07 Oktober 2022 | 15:47 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Menteri PUPR Pastikan Seluruh Kesiapan Insfrastruktur di Bali Rampung Oktober Ini

ILUSTRASI. Jelang KTT G20, Menteri PUPR pastikan seluruh kesiapan insfrastruktur di Bali akan rampung pada Oktober 2022 . ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November mendatang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo untuk meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur di Provinsi Bali pada Kamis (6/10). 

Dalam penataan infrastruktur, Kementerian PUPR melakukan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua. Nantinya kawasan ini akan digunakan sebagai showcase mangrove bagi para pimpinan negara dan delegasi yang hadir. Adapun progres fisik penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai ini telah mencapai 84%. 

“Tinggal mempercepat penyelesaian pekerjaan di area persemaian mangrove, nanti ditambahkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar melalui program padat karya tunai,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan resminya, Jumat (7/10). 

Baca Juga: Tahun 2023, Alokasi Anggaran Kementerian PUPR Mencapai Rp 125,2 Triliun

Di samping pekerjaan area persemaian mangrove, lingkup pekerjaan lainnya meliputi pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur tracking mangrove, area penerima (lobby, ticketing, kantor penerima), menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, area parkir di sekitar Waduk Muara, dan penataan Kawasan Parkir Kepala Negara di lahan seluas 2,6 ha.

Dilakukan juga peningkatan infrastruktur di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang lingkup pekerjaannya meliputi penataan dan renovasi Tirta Amertha, penataan entrance gate 3, pelandaian ramp menuju Festival Park, parkir VVIP, akses baru Jalan Indraloka, jalan Lingkar Timur, jalan Lingkar Barat, serta jalan akses menuju Parkir A GWK.

“Pekerjaan tinggal finishing saluran dan pengaspalan dan ditargetkan usai akhir Oktober,” tandas Menteri Basuki. 

Baca Juga: Kementerian PUPR Siapkan 26 Proyek dengan Skema KPBU

Dukungan infrastruktur lainnya meliputi peningkatan jalan Sp. Siligita – Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km, yang hingga saat ini progres fisiknya telah mencapai 95%. Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Presiden Jokowi turut melihat langsung progres pembangunan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

“Saya melihat semuanya hampir sudah siap, Alhamdulillah. Dan kita harapkan nanti di pelaksanaan KTT G20 juga berlangsung dengan baik dan lancar,” jelas Presiden Jokowi. 

Untuk meningkatkan kualitas dan estetika, pemerintah juga melakukan pekerjaan preservasi jalan dan jembatan disertai dengan beautifikasi atau penghijauan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru