Mulai Pukul 09.00, jalan-jalan Ini ditutup untuk penutupan Asian Games

Minggu, 02 September 2018 | 07:20 WIB Sumber: Kompas.com
Mulai Pukul 09.00, jalan-jalan Ini ditutup untuk penutupan Asian Games

ILUSTRASI. Trotoar di Jalan Gerbang Pemuda Senayan


ASIAN GAMES 2018 - JAKARTA. Sejumlah ruas jalan akan ditutup saat closing ceremony atau upacara penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung Minggu (2/9).

Adapun penutupan Asian Games akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mulai pukul 19.00 hingga pukul 21.00.  

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, waktu penutupan jalan akan dipercepat mengingat penonton dalam acara ini diperkirakan lebih banyak dibandingkan pada saat pembukaan. 

"Penutupan jalan mulai jam 09.00. Dulu opening kan jam 10.00, karena yang ini perkiraan penontonnya lebih banyak," ujar Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (30/8). 

Berikut ruas jalan yang akan ditutup: 

1. Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan ditutup mulai dari Flyover Senayan dan putaran balik di bawah Flyover Senayan. 

2. Jalan Asia Afrika sisi timur dimulai dari traffic light Hotel Mulia sampai dengan traffic light Hotel Fairmont, Jalan Pintu Satu Senayan. 


Selain penutupan jalan, kepolisian juga telah menyiapkan pengalihan lalu lintas untuk mencegah kemacetan di sekitar GBK. 

Berikut daftarnya: 

1. Flyover Senayan Kendaraan dari arah Semanggi akan diarahkan lurus ke arah Slipi. Kemudian kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi. Baca juga: Perusahaan Asal Perancis Ini Ikut Dilibatkan Dalam Penutupan Asian Games 2018 Tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda. 

2. Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu Senayan 1 Karena akan dilakukan penutupan di pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan, maka kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi. Pintu masuk FX sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan karena pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup. 

3. Jalan Hang Lekir Arus lalu lintas dari Jalan Moestopo yang menuju arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya. Baca juga: Ini Mekanisme Nonton Penutupan Asian Games 2018 di GBK 

4. Perempatan Patal Senayan Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokkan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau. 

5. Traffic light Palmerah Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di traffic light Palmerah menuju arah Jalan Tentara Pelajar arah Permata Hijau. 

6. Pertigaan Jalan Tentara Pelajar Kendaraan dari arah traffic light Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.  

7. Pertigaan Jalan Hang Lekir Kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah traffic light Pakubuwono maupun arah sebaliknya. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, sebanyak 1.812 personel lalu lintas akan dikerahkan saat pengalihan arus dilakukan. 

"Jumlah ini lebih banyak dibanding saat opening ceremony Asian Games," ujar Budiyanto, Minggu. (Sherly Puspita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat! Mulai Pukul 09.00, Jalan-jalan Ini Akan Ditutup untuk Penutupan Asian Games"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru