Panen raya, harga cabai di Langkat melandai

Jumat, 06 Januari 2017 | 17:12 WIB Sumber: Antara
Panen raya, harga cabai di Langkat melandai


LANGKAT. Panen raya cabai yang terjadi di sejumlah tempat di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara membuat harga cabai mulai beranjak turun. Salah satunya seperti yang terjadi di pasar tradisional Stabat.

Hamidah, salah satu pedaagng di pasar tersebut mengatakan, seluruh jenis cabai harganya sekarang ini mulai turun yakni cabai rawit, cabai merah, cabai hijau. Panen raya di di beberapa kecamatan di Langkat membuat pasokan bertambah. "Pasokan dari Aceh juga mulai membanjiri pasar tradisional," ujarnya, Jumat (6/1).

Hamidah menjelaskan, harga cabai merah yang sempat naik mencapai Rp 80.000 per kilogram (kg) kini sudah turun menjadi Rp 50.000 per kg. Sementara harga cabai hijau kini sudah dijual Rp 25.000 per kg dari harga sebelumnya mencapai Rp 50.000 per kg. Sedangkan cabai rawit yang sempat melonjak di harga Rp 90.000 per kg kini sudah dijual Rp 70.000-Rp75.000 perkg.

Meskipun harga cabai sudah berangsur turun karena pasokan yang melimpah, namun harga belum bisa dikatakan normal. Kalau sebelumnya harga naik cabai merah dijual Rp 30.000 per kg, sementara cabai rawit atau cabai hijau dijual Rp 20.0000 per kg.

"Kami berharap harga cabai secepatnya kembali normal seperti semula, sehingga konsumen bisa menikmati cabai seperti para ibu rumah tangga, pemilik rumah makan," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Yusfik Helmi.

(Imam Fauzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru