Pembelian Tiket Terintegrasi Mudahkan Masyarakat Memanfaatkan Transportasi Publik

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:58 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pembelian Tiket Terintegrasi Mudahkan Masyarakat Memanfaatkan Transportasi Publik

ILUSTRASI. Petugas menunjukkan fitur Go Transit disela peluncuran pembayaran tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek melalui GoTransit di Stasiun Juanda,


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Normalnya aktivitas masyarakat, setelah dua tahun melakukan Work from Home (WFH) membuat kondisi lalu lintas kembali diwarnai kemacetan, khususnya di Jabodetabek.

Seperti biasa, padatnya lalu lintas tersebut dikarenakan masyarakat masih lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum.

Pengamat transportasi dan tata kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna mengatakan, persoalan kemacetan di Jabodetabek merupakan masalah klasik dari tahun ke tahun, terutama di Jakarta. Hal itu dikarenakan arus transportasi mengarah pada satu titik, yaitu ke Jakarta.

Keengganan masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum salah satunya karena kurang terintegrasinya moda transportasi publik dengan tempat tinggal atau lingkungan perumahan para pekerja.

Baca Juga: Makin Praktis dan Mudah, Beli Tiket KRL Commuter Line Kini Bisa di Aplikasi Gojek

“Transportasi publik itu dibangun di tengah kota, LRT dan sebagainya disitu, sementara pekerja di Jakarta itu tinggal di pinggir kota. Jadi perlu ada penghubung antara pinggiran dan tengah kota,” kata Yayat dalam keterangannya, Selasa (28/6).

Agar moda transportasi tersebut terintegrasi, lanjut Yayat, perlu ada kolaborasi atau kerjasama business to business antar stakeholder terkait. Seperti kerja sama Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta) dengan Light Rail Transit (LRT) dan Transjakarta dalam integrasi satu tarif agar lebih terjangkau.

Kemudian ada juga kolaborasi antara PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan Gojek untuk memudahkan dalam urusan pembelian tiket KRL melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek.

Lewat GoTransit, pengguna bisa memilih rute perjalanan. sehingga dapat memilih rute maupun membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan. Selain itu, estimasi waktu perjalanan, hingga memantau jadwal operasional transportasi publik dapat dilakukan dalam satu fitur.

“Menurut saya kerjasama antar badan usaha itu bagus. Disinergikan agar tidak ada sekat yang menghambat orang untuk menggunakan moda transportasi publik. Karena transportasi saat ini menjadi media bagi orang untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, dan tidak selalu dari rumah ke kantor saja,” katanya.

Selain integrasi moda transportasi, lanjut Yayat, untuk mengurangi tingkat kemacetan di wilayah Jabodetabek juga perlu dilakukan integrasi tarif, kelembagaan, dan integrasi jadwal. “Kalau semua itu sudah diintegrasinya, tinggal dilakukan trafik manajemen untuk pembatasan,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan pengamat transportasi Azas Tigor. Menurutnya, pembatasan kendaraan melalui ganjil genap yang diterapkan saat ini bukanlah solusi yang tepat.

Baca Juga: Peningkatan Transaksi dan Pendapatan GOTO Ditopang Penguatan Layanan On-Demand

Justru hal itu akan menambah kemacetan, karena mendorong orang untuk membeli mobil kedua dengan nomor ganjil atau genap sesuai kebutuhan.

“Jakarta ini macetnya sudah kompleks, kalau mau diselesaikan tidak bisa parsial, tapi perlu yang sistematis,” kata Tigor.

Oleh karena itu, integrasi moda transportasi hingga ke wilayah penyangga Jakarta harus dilakukan secara menyeluruh. Begitu pun dengan layanan pembelian tiket yang juga perlu diintegrasikan dalam satu platform untuk memudahkan pengguna.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka dengan sendirinya akan menarik pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum. “Kalau perlu, parkir kendaraan pribadi ditiadakan di Jakarta untuk mendorong orang menggunakan kendaraan umum,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru