Pemprov DKI akan buka pendaftaran rumah DP Rp 0 tahap kedua

Senin, 28 Januari 2019 | 09:59 WIB   Reporter: kompas.com
Pemprov DKI akan buka pendaftaran rumah DP Rp 0 tahap kedua


SUBDISI RUMAH - JAKARTA. Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan mengatakan, pendaftaran rumah susun sederhana milik (rusunami) DP 0 rupiah akan dibuka kembali. 

Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada warga yang belum terdaftar saat pendaftaran tahap pertama. "Direncanakan akan ada pendaftaran kembali untuk program pemilikan rumah sejahtera," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/1). 

Selain beberapa lokasi offline yang digunakan sebagai lokasi pendaftaran rumah DP 0 rupiah, pihaknya juga menerima pendaftaran secara online di dp0rupiah.jakarta.go.id. Hal tersebut untuk memudahkan warga agar tak harus datang ke lokasi pendaftaran. 

"Selain lokasi yang sudah ada, digunakan juga online sebagai basis data kebutuhan rumah warga khususnya. Sehingga memudahkan perencanaan dan dalam rangka kebutuhan penyusunan kebijakan untuk antrean perumahan (housing que)," ucap Dzikran. 

Meski demikian, Dzikran belum bisa memastikan kapan pendaftaran kedua tersebut akan dibuka. "Saya belum bisa pastikan, tentunya beberapa bulan sebelum unitnya selesai," tutupnya. 

Untuk pendaftaran tahap pertama sudah ditutup pada 20 November 2018. Adapun rusunami yang dimaksud bernama Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dan akan dibangun 21 lantai dengan total 780 unit hunian. 

Unit hunian dibagi dalam tiga tipe, yakni tipe studio 21, one bedroom tipe 24, dan two bedroom tipe 36. Harga tiap unit bervariasi, mulai dari Rp 184 juta untuk yang tipe paling kecil hingga Rp 310 juta yang dilengkapi dua tempat tidur tipe 36. 

Rusunami ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Rusunami yang dibangun di lahan seluas 1,5 hektare ini memasuki tahap topping off atau pengatapan dan ditargetkan rampung pada Juli 2019. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Akan Buka Pendaftaran Rumah DP Rp 0 Tahap Kedua"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru