Peristiwa

Pemprov DKI gelar festival Cap Go Meh, simak jadwalnya

Jumat, 07 Februari 2020 | 10:01 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI gelar festival Cap Go Meh, simak jadwalnya

ILUSTRASI. PERAYAAN CAP GO MEH. Atraksi Liong dan barongsai memeriahkan suasana perayaan Cap Go Meh di Jakarta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut perayaan Cap Go Meh 2571 yang jatuh pada Sabtu (8/2) nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah mempersiapkan perayaan dengan mengadakan Festival Cap Go Meh. 

Festival itu diadakan sejak Kamis (6/2) kemarin hingga Minggu (9/2). 

Pada hari Kamis (6/2), Festival Cap Go Meh diselenggarakan di lima lokasi, yakni di depan Grand Hyatt, Dukuh Atas, Terowongan Kendal, Depan FX Sudirman, dan Thamrin City. Acara sendiri dimulai sejak pukul 17.00 WIB - 19.00 WIB dan dilanjutkan pada pukul 19.30 WIB-21.00 WIB. 

Beberapa kesenian daerah ditampilkan pada Festival Cap Go Meh Kamis lalu di antaranya nan feng, ondel-ondel, wushu, kecapi, dan diakhiri dengan screening film. 

Baca Juga: Bersiap, pesta rakyat Cap Go Meh Bogor Street Festival digelar, Sabtu (8/2)

Lanjut ke hari kedua, Festival Cap Go Meh diadakan di lokasi dan jam yang sama. Namun kesenian yang ditampilkan sedikit berbeda, di hari Jumat ini diisi oleh music oriental dan gratia ondel-ondel, wayang poyeti, nan feng, ondel-ondel, dan diakhiri oleh screening film. 

Bergeser ke hari Sabtu, perayaan Cap Go Meh dipusatkan di dua tempat yaitu di Thamrin 10 dan di kawasan Pecinan, Pasar Glodok. 

Rencananya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan menghadiri perayaan puncak Cap Go Meh di kawasan Pasar Glodok. 

"Nanti puncaknya adalah Festival Cap Go Meh 2571 pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 jam 13.00 WIB sampai dengan selesai di Jl. Pancoran, Pinangsia-Pasar Glodok, Jakarta Barat. Pak Gubernur juga diundang," kata Kepala Biro Dikmental Provinsi DKI Jakarta Hendra Hidayat saat dihubungi, Jumat (7/2). 

Tidak selesai di hari Sabtu, Festival Cap Go Meh juga akan hadir pada Minggu (9/2) di area Car Free Day dengan menampilkan pertunjukan barongsai dan liong. 
Sementara malam harinya dilanjutkan screening film yang diadakan di Thamrin 10. 

Hendra pun berharap terselenggaranya perayaan Festival Cap Go Meh mampu mengeratkan kembali rasa persaudaraan antar warga di Jakarta. 

Baca Juga: Festival Cap Go Meh Singkawang tahun ini dihadiri sekitar 76.964 wisatawan

"Jakarta milik semua. Kami ingin selalu menjaga dan merawat kesetaraan, kebersamaan, persaudaraan dan persatuan bagi seluruh warga masyarakat Jakarta," ucap Hendra. 

Selain itu, perayaan Cap Go Meh ini diharapkan bisa menjadi destinasi hiburan dan kesenian guna mengisi akhir pekan bersama keluarga. (Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pemprov DKI Gelar Festival Cap Go Meh, Ini Jadwal dan Isi Acaranya"

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru