Perayaan ultah DKI Jakarta di HI hasilkan 73 ton sampah

Minggu, 23 Juni 2019 | 12:59 WIB Sumber: Kompas.com
Perayaan ultah DKI Jakarta di HI hasilkan 73 ton sampah


DKI JAKARTA - JAKARTA. Puncak perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta yang diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada Sabtu (22/6) malam, menghasilkan 73 ton sampah. 

"Hasil sampah pascaacara HUT kota Jakarta ke-492 sejumlah 200 meter kubik atau 73 ton," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih lewat pesan singkat, Minggu (23/6). 

Andono mengatakan, sampah paling banyak berupa sisa pembungkus makanan. Sampah-sampah itu sudah diangkut dini hari dan dibawa ke TPST Bantargebang. "Banyak sampah anorganik kemasan, plastik, kertas, dan sisa makanan," ujar Andono. 

Acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-492 Jakarta bertajuk Jakarta Night Festival dibuka di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6) pukul 17.00 WIB. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serempak. 

Prosesi ini dipimpin langsung oleh Suminto, anggota Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Pemprov DKI Jakarta. 

Selepas menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan penampilan organ tunggal, masih dari unsur Pemprov DKI Jakarta. Sebuah penampilan yang nyaris selalu ada dalam hajatan-hajatan Betawi. 

Tampak sejumlah mobil tentara dan polisi telah disiagakan di lokasi, termasuk mobil ambulans. Ada juga mobil toilet berjalan yang disiagakan buat para pengunjung. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perayaan Ultah DKI di HI Hasilkan 73 Ton Sampah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru