kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Polisi: Nunung sudah lebih dari 20 tahun pakai sabu


Minggu, 21 Juli 2019 / 18:03 WIB
Polisi: Nunung sudah lebih dari 20 tahun pakai sabu

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak membeberkan pengakuan komedian Nunung saat diperiksa dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan dalam pemeriksaan Nunung mengaku sudah lebih dari 20 tahun mengonsumsi barang haram tersebut.  


"Pengakuan tersangka NN (Nunung) dan suaminya, JJ (July Jan Sambiran), sudah disampaikan di berita acara pemeriksaan bahwa betul (20 tahun). Sudah awal penggunaan 20 tahun lalu dan JJ bahkan lebih, sekitar 24 tahun yang lalu," ungkap Calvijn dalam jumpa pers di Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (21/7). 

Calvijn menambahkan saking lamanya, Nunung mengaku sudah tidak ingat lagi berapa lama ia mengonsumsi narkoba. "Bahkan lebih (dari 20 tahun), katanya sudah lupa," kata Calvijn.  

Menurut pengakuan Nunung, ia dan suaminya menggunakan narkoba setiap pagi. "Keterangan yang bersangkutan menggunakannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas," ungkap Calvijn lagi.  

Dengan rekan seprofesi Nunung  juga mengaku kerap menggunakan narkoba bersama teman-teman seprofesinya. "Ini cerita lamanya dia, dia menggunakan bersama teman-teman seprofesinya. Dan itu diakui dan sudah dituangkan dalam berita acara pemeriksaan," kata Calvijn. 

Namun, polisi enggan membeberkan lebih lanjut siapa teman-teman Nunung yang menggunakan narkoba bersamanya. "Seprofesinya, besok kan ada perkembangan statement, bisa ditanyakan sama yang bersangkutan," ungkap Calvijn. 

Jual beli perhiasan 
Sebelumnya polisi mengungkap dari pemeriksaan terhadap Nunung dan suaminya, transaksi narkoba itu ditutupi dengan jual-beli perhiasan. Nunung seolah-olah membeli perhiasan dari tersangka TB. 

"Apabila ada siapa pun yang menanyakan, apa kepentingan tersangka TB datang, mereka sepakati bahwa tersangka TB ini selalu menyerahkan perhiasan. Jadi seolah-olah ada jual-beli perhiasan. Itu pun diakui dan dituangkan di berita avara pemeriksaan," Calvijn menjelaskan. 

Saat ditangkap pun, TB dan Nunung masih sempat mengaku sedang melakukan transaksi perhiasan. "Pada saat penangkapan TB mengakui awalnya dia menyerahkan perhiasan. Dengan adanya interogasi ada alat-alat terkait narkoba dan sabu seberat 0,36 gram, para tersangka sudah tidak bisa mengelak," ujar Jean Calvijn lagi. 

Sebelumnya, Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7) pukul 13.15 WIB. 

Dalam pengeledahan, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu klip sabu seberat 0,36 gram. Hasil tes urine menyatakan Nunung dan suaminya positif menggunakan narkotika. 

Dari hasil pemeriksaan sementara, Nunung yang sudah lima bulan mengonsumsi sabu mengaku menggunakannya untuk menjaga stamina dalam bekerja. (Dian Reinis Kumampung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi: Nunung Pakai Sabu Sudah 20 Tahun Lebih"




TERBARU

×