Presiden Jokowi bicara empat mata dengan Sri Sultan

Kamis, 06 Desember 2018 | 13:56 WIB   Reporter: kompas.com
Presiden Jokowi bicara empat mata dengan Sri Sultan

PRESIDEN MENGUNJUNGI KERATON YOGYAKARTA


JOKOWI - YOGYAKARTA. Presiden Joko Widodo, Kamis (6/12), berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di Keraton, Presiden Joko Widodo bertemu empat mata dengan Sri Sultan HB X. Presiden Joko Widodo mengawali kegiatannya di Yogyakarta dengan menghadiri acara Milad 1 Abad Madrasah Mu'allimin-Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta. 

Turut hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua PP Muhammdiyah Haedar Nashir, dan Mantan Ketua PP Muhammdiyah Buya Syafii Maarif. 

Usai menghadiri acara Milad 1 Abad Madrasah Mu'allimin-Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta, sekitar pukul 11.00 WIB, Presiden Joko Widodo tiba di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. "Tadi di dalam bertemu dengan Sri Sultan HB X," ujar Koordinator Divisi SDM, Organisasi Data dan Informasi Bawaslu DIY Muhammad Muslimin, saat ditemui di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis (06/12).

Muslimin menyampaikan, pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, berlangsung tertutup. Sehingga, dirinya tidak mengetahui apa yang dibicarakan antara Presiden Joko Widodo dengan Sri Sultan HB X. 

"Tadi di dalam hanya berdua dengan Sri Sultan. Kami hanya berada di luar," ungkap dia. Menurut dia, kedatangan Presiden Joko Widodo ke Keraton Ngayogyakarta sebagai kepala negara dan bukan sebagai calon presiden. 

Namun demikian, Bawaslu DIY tetap memantau untuk memastikan kunjungan Presiden Joko Widodo tidak ada unsur kampanye. Baca juga: Beri Dukungan, Kelompok Ini Fokus Menangkan Jokowi-Maruf di 10 Provinsi. 

"Beliau ke sini selaku RI 1 sehingga bukan atas nama calon presiden. Beliau ini juga calon presiden, kami memastikan kegiatan beliau dalam kegiatan ke daerah tidak ada unsur kampanye," ungkap dia. 

Sekitar pukul 11.55 WIB, Presiden Joko Widodo tampak berjalan keluar. Presiden Joko Widodo juga menyalami para Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Usai dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Presiden Joko Widodo melanjutkan kegiatannya berpidato di depan mahasiswa dan tenaga pengajar di Universitas Aisyiyah, di Daerah Gamping, Sleman. (Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Presiden Jokowi Bicara Empat Mata dengan Sri Sultan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru