DKI Jakarta

Program andalan Gubernur Anies Rumah DP 0 Rupiah sepi peminat, ini penyebabnya

Selasa, 07 Juli 2020 | 11:42 WIB Sumber: Kompas.com
Program andalan Gubernur Anies Rumah DP 0 Rupiah sepi peminat, ini penyebabnya

ILUSTRASI. Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan hunian DP nol rupiah di Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka proses pengajuan kredit hunian dari 27 Juli hingga 4 Agustus 2019. ANTARA FOTO/Adnan Nanda

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Salah satu program andalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepi peminat. Program andalan Anies tersebut adalah rumah dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0. Sudah setahun berjalan, rumah DP nol rupiah atau rumah tanpa DP yang laku terjual hanya mencapai 32%.

Untuk program rumah DP nol  rupiah atau rumah tanpa DP, Pemprov DKI Jakarta membangun 780 unit hunian rusunami Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Sarjoko menjelaskan, hingga Juli 2020 penjualan rumah DP nol rupiah atau rumah tanpa DP Kalapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta TImur sebanyak 252 unit atau sekitar 32%. 

Baca juga: Harga mobil Xpander baru khusus Juli 2020 diskon jutaan rupiah 

Lalu, pembeli yang sudah menempati rumah rumah DP nol rupiah atau rumah tanpa DP sebanyak 21%. "Untuk akad kredit sudah 252 pemohon, yang sudah ditempati 168 unit," kata Sarjoko, Selasa (7/7/2020).

Menurut Sarjoko, pemasaran unit rusunami rumah DP nol rupiah atau rumah tanpa DP yang masih kosong akan dilakukan Perum Perumnas berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta. "Saat ini Perum Perumnas sudah kerja sama dengan Pemprov DKI untuk pemasaran unitnya dengan skema DP nol rupiah," ujar Sarjoko.

Sebelumnya, banyak warga DKI yang mendaftar untuk menempati unit di Klapa Village. Namun, permohonan kredit mereka ditolak Bank DKI. Rata-rata mereka juga memiliki tanggungan cicilan lain seperti kredit motor. Seremoni serah terima kunci unit dilakukan oleh Gubernur Anies Basewdan pada akhir Agustus 2019.

Adapun harga rusunami rumah DP nol rupiah atau rumah tanpa DP Klapa Village tipe studio dikenakan cicilan Rp 1,2 juta per bulan. Sementara tipe 35 dikenakan harga cicilan Rp 2 jutaan per bulan. 

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta juga membuka pendaftaran program rumah Samawa rumah DP nol rupiah di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Pendaftaran dibuka sejak 4 Juli 2020 melalui laman https://pendaftarandp0. jakarta.go.id.

Untuk hunian Samawa di kawasan Jakarta Utara, lokasinya berada di Rusunami Bandar Kemayoran, Jalan Rajawali Utara, Pademangan Timur, Pademangan. Di lokasi ini, total ada 30 unit rusun dengan ukuran 27 meter persegi (satu kamar) yang ditawarkan dalam program rumah Samawa DP nol rupiah. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau, yaitu Rp 285.120.000 ditambah Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) sebesar Rp 10.000 per bulannya.

Baca juga: China menambah satu lagi daftar permusuhan 

Lokasi hunian Samawa di kawasan Jakarta Barat berada di Tower Bunaker Sentraland Cengkareng, Jalan Boulevard Timur, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Total ada 64 unit rusun bertipe studio (satu kamar) dengan luas 21 meter persegi yang ditawarkan. Untuk harganya berkisar di angka Rp 198 juta ditambah IPL per bulan sebesar Rp 12.000.

(Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hampir Setahun, Unit Rusunami DP Rp 0 Klapa Village Baru Terjual 32 Persen", .

Editor: Adi Wikanto


Terbaru