Sandiaga prioritaskan pembukaan lapangan kerja

Selasa, 26 September 2017 | 13:46 WIB   Reporter: Cecylia Rura
Sandiaga prioritaskan pembukaan lapangan kerja


KEBIJAKAN DKI - Usai memberikan presentasi terkait infrastruktur Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, dalam pemerintahan lima tahun ke depan akan ada pengintegrasian antara infrastruktur dan moda transportasi.

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan berorientasi pada pembukaan lapangan kerja terbuka. "Kami ingin lapangan kerja yang terbuka di Jakarta, hadir karena adanya mobilitas yang baik, dan pembangunan infrastruktur yang bisa menyerap tenaga kerja, ini menjadi orientasi kami," kata Sandi di depan Auditorium Arifin Panirogo, Universitas Al-Azhar, Selasa (26/9).

Saat ditanya terkait penurunan gaji karyawan DKI Jakarta, Sandi tidak memberikan komentarnya.

Untuk mempersiapkan rancangan tersebut membutuhkan dana yang cukup besar, sementara APBD terbatas. Oleh karena itu Sandi mengatakan pembangunan Jakarta membutuhkan kontribusi dari seluruh pihak, termasuk yang akan didorong adalah Public Private Partnership dan akan ditambah dari tim society dan Teman Oke Oce.

Menurutnya, infrastruktur yang hadir harus menjadi sarana kolaborasi antara pengusaha, pemerintah, dan akademisi juga dalam memikirkan bagaimana pembiayaan infrastruktur yang ada.

"Apakah perbankan, dana pensiun, bisa mengakses dana-dana infrastruktur regional maupun dunia, sehingga bisa menghadirkan infrastruktur yang world class di Jakarta," kata Sandi.

Pengintegrasian moda transportasi yang direncanakan pemerintahan Anies-Sandi diharapkan tidak ada egosektoral dari masing-masing moda transportasi karena ini merupakan pelayanan bagi masyarakat. Sektoral yang dimaksud di antaranya PT KAI, LRT, BUMN dan BUMD, pemerintah pusat, pemerintah DKI Jakarta, dan Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ).

"Mereka ini yang harus didudukkan bersama agar berintegrasi demi berorientasi pada pelayanan masyarakat dalam moda transportasi berbasis publik," kata Sandi.

Sandi juga mengatakan harapannya infrastruktur nantinya bisa mengurangi masalah banjir di Jakarta. Oleh karena itu, ia akan mendiskusikan hal ini bersama PT Brantas Abipraya, dan pihak terkait lewat kemitraan atau public private partnership. Selain itu, pengadaan air bersih juga menjadi fokus utama dalam fokus kerja pemerintahan lima tahun ke depan.

Sebagai informasi, selain pengintegrasian moda transportasi Sandi juga akan mengembangkan jalur khusus pedesterian agar warga Jakarta lebih banyak yang berjalan kaki dan tidak mengandalkan kendaraan pribadi. Ia juga mengatakan, akan mengembangkan titik-titik sejarah di DKI Jakarta agar tampak Instagram-able bagi kaum milenial yang hobi melakukan swafoto.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru