Sudah 7 Juta Orang Tinggalkan Jakarta dan Sekitarnya

Minggu, 01 Mei 2022 | 10:27 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Sudah 7 Juta Orang Tinggalkan Jakarta dan Sekitarnya

Kendaraan pemudik melintas saat penerapan one way di ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pemudik diperkirakan masih terus bertambah. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mencatat sudah tujuh juta warga telah meninggalkan DKI Jakarta dan sekitarnya untuk mudik dan liburan Lebaran.

“Kurang lebih tujuh juta orang (meninggalkan Jakarta), pantauan kita tujuh juta orang,” kata KombesPol Zulpan kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (30/4) seperti dikutip dari NTMCInfoPolri.

KombesPol Zulpan memprediksi jumlah pemudik tersebut kemungkinan akan terus bertambah jelang malam Idul Fitri. Sebab, ia memprediksi sebanyak 13 juta masyarakat akan mudik dan meninggalkan Jakarta dan sekitarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memprediksi terdapat sekitar 85 juta masyarakat akan melakukan mudik Lebaran 2022. Data tersebut merujuk hasil survei dari Kementerian Perhubungan (Kemhub).

Baca Juga: Pemudik Sepeda Motor Masih Padati Jalan Kalimalang

“Tercatat khususnya di wilayah Jawa itu kurang lebih 23 juta menggunakan mobil dan 17 juta mengendarai sepeda motor,” ujar Kapolri belum lama ini.

Mantan Kabareskrim Polri itu menjelaskan, 85 juta masyarakat itu akan mudik ke wilayah Jawa hingga Sumatera, diantaranya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

“Tentunya, hal ini bisa berpotensi untuk menimbulkan kerawanan baik dari sisi kesehatan dan sisi keamanan,” jelas Kapolri.

Dari sisi keamanan, Kapolri menyebut sebanyak 144.392 personil gabungan dari Polri, TNI, dan stakeholder terkait dilibatkan. Sedangkan, dari sisi kesehatan, Kapoori mengkhawatirkan adanya ledakan angka kasus Covid-19 seiring dengan banyaknya masyarakat yang mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru