Tanpa Jakarta Fair & pesta panggung, begini perayaan HUT Jakarta ke-493

Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:10 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa Jakarta Fair & pesta panggung, begini perayaan HUT Jakarta ke-493

ILUSTRASI. JAKARTA, 17/06-PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI MONAS. Petugas pemadam kebakaran (damkar0 melakukan penyemprotan disinfektan di halaman Monumen nasional, Jakarta, Rabu (17/06). Tempat rekreasi di jakarta kembali dilakukan penyemprotan disinfektan dalam memutus


JAKARTA - Jakarta. Tidak Jakarta Fair maupun pesta dan panggung musik dalam perayaan hari ulang tahun / HUT ke-493 DKI Jakarta tahun ini. Pandemi virus corona menyebabkan perayaan HUT DKI yang jatuh pada 22 Juni 2020 hanya akan dirayakan secara online dan virtual.

"Untuk masyarakat, kami menyiapkan beragam acara yang diadakan secara virtual, agar tetap dapat dinikmati meski dari rumah," ujar Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/6/2020).

Baca juga: Inilah 7 kedai bakso terenak di Jakarta, harga mulai Rp 15.000

Ragam acara tersebut, di antaranya Festival Jakarta Great Online Sale, Tur Virtual di beberapa tempat menarik di Jakarta, hingga beragam program seru yang bisa ditonton secara streaming di Beritajakarta.tv.

Saefullah menyebutkan, rangkaian acara HUT ke-493 Jakarta dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta. Sementara itu, Festival Jakarta Great Online Sale akan dilangsungkan 22-30 Juni 2020.

Namun sejumlah platform akan mulai pada 20 Juni 2020, di mana masyarakat dapat turut membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.  "Kegiatan Jakarta Fair maupun Festival Jakarta Great Sale pada pusat-pusat pembelanjaan Jakarta belum dapat dilaksanakan pada masa pandemi ini untuk mencegah terjadinya keramaian," ujar pria yang kali ini menjabat sebagai Ketua Panitia HUT ke-493 Jakarta itu.

Baca juga: Ketika Ridwan Kamil bandingkan data positif hamil dengan positif corona

Berikut daftar acara virtual yang dapat diikuti warga dalam rangka merayakan Dirgahayu Jakarta:

1. Zoom Meeting Gubernur dan Wakil Gubernur bersama 40 warga terpilih:

- Sebanyak 40 warga terpilih yang memberikan video ucapan terbaik dan terkreatif soal HUT Kota Jakarta via Instagram Pemprov DKI Jakarta, berkesempatan berbincang dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Riza Patria melalui aplikasi Zoom

- Live Zoom Meeting dengan para Duta Besar Sister City untuk membahas Jakarta Now and Future dalam rangka HUT Jakarta. 

2. Jakarta Great Online Sale

Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan 8 platform e-commerce yang memberikan penawaran untuk masyarakat dalam bertransaksi secara online.

3. Tur Virtual

Tur virtual bakal dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

Baca juga: Dirut Garuda Indonesia iri dengan Singapore Airlines, kenapa?

4. Gubernur Menyapa Warga

Anies Baswedan akan mengobrol santai membahas soal Jakarta melalui Live Zoom Meeting dari Balai Kota bersama wali kota/bupati beserta dewan kota dan dewan kabupaten; camat dan lurah di Kantor Kecamatan beserta perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, tokoh masyarakat, karang taruna, dan tokoh agama.

5. Peluncuran sekaligus tayangan Berita Jakarta TV

Tayangan yang bisa disaksikan secara streaming di Beritajakarta.tv, antara lain Virtual Pensi Band SMA, Tik Tok Topeng Betawi, Live Report dari Balai Kota dan DPRD.

(Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Daftar Acara Virtual Sambut HUT ke-493 DKI Jakarta", https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/20/15390801/ini-daftar-acara-virtual-sambut-hut-ke-493-dki-jakarta?page=all#page2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru