Waktu tempuh KRL bertambah, penumpang diimbau berangkat lebih awal

Senin, 13 Agustus 2018 | 10:03 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Waktu tempuh KRL bertambah, penumpang diimbau berangkat lebih awal

ILUSTRASI. Penumpag Menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Manggrai


COMMUTER LINE - JAKARTA. PT. KAI DAOP I serta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanannya ketika menggunakan KRL, terutama pada lintas Bogor Line.

"Pengguna jasa khususnya lintas Bogor - Jakarta Kota/Angke/Kampung Bandan/Jatinegara dan sebaliknya dihimbau agar mengatur kembali perjalanannya dengan memilih keberangkatan lebih awal karena kemungkinan akan terjadi perpanjangan waktu perjalanan sekitar 5 menit hingga 10 menit khusus nya pada saat akan melintas di Manggarai," kata Eva Chairunisa, Vice President Komunikasi Perusahaan PT KCI dalam keterangan resminya yang dikutip, Senin (13/8).

Pengguna yang transit di stasiun Manggarai juga diharapkan selalu mendengarkan himbauan petugas terkait informasi perpindahan jalur enam dan tujuh yang tidak dioperasionalkan lagi dan berpindah ke jalur delapan dan 10 untuk KLR tujuan Bogor.

Eva menambahkan, guna mengantisipasi pelayanan penumpang dan pengoperasian kereta di Stasiun Manggarai KCI akan menambah sejumlah petugas pengamanan dan pelayanan serta melakukan kordinasi bersama PT KAI Daop 1 untuk mengoptimalkan pengaturan perpindahan penumpang dari dan ke jalur delapan dan 10 (passangers crossing) serta akan terus melakukan evaluasi pengaturan perjalanan KA selama proses ini berlangsung.

Catatan saja, dalam rangka penyelesaian pembangunan proyek double-double track (DDT) paket A stasiun Manggarai - Jatinegara fase I tahun 2018 Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah melaksanakan kegiatan SO2 ( switch over II) pada Sabtu (11/8) pukul 00.01 hingga pukul 04.30 WIB.

Kegiatan ini berupa penonaktifkan sementara jalur enam dan tujuh pada Stasiun Manggarai dan untuk sementara waktu pelayanan KRL Bogor Line ke jalur delapan dan 10. Perpindahan jalur tersebut dilakukan sejak Sabtu (11/8). Setelah perpindahan tersebut, Kementerian Perhubungan akan kembali melaksanakan penyelesaian tahapan pembangunan Stasiun Manggarai di jalur enam dan tujuh eksisting.

Pelaksanaan pemindahan jalur tersebut akan berdampak pada perubahan pola operasi KRL Bogor Line yaitu bertambahnya waktu perjalanan KRL sekitar lima menit hingga 10 menit. Sebagai contoh, waktu perjalanan KRL lintas Bogor-Jakarta Kota dari yang semula satu jam 55 menit menjadi dua jam atau dua jam 5 menit.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru